Silviatul, Musdalifah (2021) Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membentuk Akhlaq Siswa Kepada Guru Di Madrasah Diniyah Nurul Jadid Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Silviatul Musdalifah_T20171269.pdf Download (3MB) |
Abstract
Silviatul Musdalifah, 2021: “Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membentuk Akhlaq Siswa Kepada Guru Di Madrasah Diniyah Nurul Jadid Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember”. Kata Kunci: Kitab Akhlaq Lil Banin, Membentuk Akhlaq, Madrasah Diniyah Nurul Jadid Akhlak memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, tanpa akhlak manusia dalam kehidupannya dapat menuju kearahmartabat yang rendah, baik di hadapan Allah SWT atau manusia karena tidak mengenal perbedaan perbuatan baik dan perbuatan buruk. Selaras dengan tujuan pendidikan islam yaitu untuk mewujudkan manusia seutuhnya, sedangkan tujuan pendidikan agama islam adalah membimbing akhlak agar mereka menjadi muslim sejati Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq siswa kepada guru di Madrasah Diniyah Nurul Jadid desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember?; 2) Apa kontribusi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq siswa kepada guru di Madrasah Diniyah Nurul Jadid desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq siswa kepada guru di Madrasah Diniyah Nurul Jadid desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember; 2) Mendeskripsikan kontribusi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq siswa kepada guru di Madrasah Diniyah Nurul Jadid desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 3 kelas, baik dari kelas I sampai kelas III. Dan dilaksanakan jam 14.00-16.00, kelas I hari Rabu, kelas II hari Kamis dan kelas III hari Sabtu. Dengan langkah-langkah yang diawali dengan membaca Al-Fatiihah secara bersama-sama, membaca syahadat, do’a, membaca surat-surat pendek Juz 30, pembelajaran Akhlaq lil banin, istirahat kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengaji Al-qur’an. Dan kendalanya adalah dari background anaknya. Ada yang anaknya nakal dan akhlaqnya tidak baik seperti juga anak yang sering berkelahi, mencuri dan kasus akhlak amoral lainya. 2) Terbentuknya pribadi muslim sejati dalam diri anak didik atau murid, memberikan kontribusi tauladan yang baik terhadap murid agar bisa menjadi contoh yang baik untuk para santrinya dalam bertingkah laku dan bersikap dalam kehidupan kesehariannya kepada guru dan orang tuanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 01:30 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 01:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3490 |
Actions (login required)
View Item |