Kepemimpinan Transformasional Kiai dalam Membangun Kepercayaan (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Darun Najah Al 'Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember

AGUS, ARIFANDI (2024) Kepemimpinan Transformasional Kiai dalam Membangun Kepercayaan (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Darun Najah Al 'Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember. Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Disertasi Agus Arifandi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional kiai telah menjadi fenomena yang menarik perhatian di tengah dinamika masyarakat modern. Kiai, sebagai pemimpin spiritual dalam tradisi Islam, memiliki peran penting dalam membentuk pandangan dan perilaku umat. Kepemimpinan transformasional kiai membawa perubahan positif secara menyeluruh dengan fokus pada membangun kepercayaan sebagai pondasi utama untuk mencapai tujuan bersama. Adapun fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana komunikasi kiai kepada warga pesantren dan masyarakat dalam membangun kepercayaan di pondok pesantren Darun Najah Al ‘Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember?. (2) Bagaimana kiai mengispirasi warga pesantren dan masyarakat dalam membangun kepercayan di pondok pesantren Darun Najah Al ‘Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember?. (3) Bagaimana kiai memberikan perhatian kepada warga pesantren dan masyarakat dalam membangun kepercayaan di pondok pesantren Darun Najah Al ‘Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Komunikasi, Inspirasi dan perhatian kiai kepada warga pesantren dan masyarakat dalam membangun kepercayaan di pondok pesantren Darun Najah Al ‘Irfany Patrang dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun cara menentukan informan terkait dengan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengecekan data terkait dengan kredibilitas data, transferabilitas data, dependabilitas data dan konfirmabilitas data
Adapun temuan kepemimpian transformasional kiai dalam membangun kepercayaan, pertama komunikasi kiai melalui ceramah, pengajian, diskusi dan bimbingan Personal, Penggunaan Bahasa yang bersahaja dan mudah dipahami oleh audiens. Semua komunikasi itu harus bersifat terbuka dan adaptif. Kedua, Inspirasi kiai melalui pengembangan karakter, pembinaan individu atau kelompok dan keteladanan serta memberi penghargaan kepada santri yang berprestasi. Ketiga, Bentuk perhatian kiai melalui pemberdayaan dan mendorong inovasi kepada warga pesantren dan masyarakat.
Temuan formal penelitian ini adalah seorang pemimpin harus mampu untuk beradaptasi dan berinovasi dalam setiap keadaan. Hal yang demikian dikenal dengan model kepemimpinan dinamis (Dynamic Leadership).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Agus Arifandi
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:51
Last Modified: 03 Jul 2024 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item