Program Sinau Bareng (PSB) saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021.

FITRIA LAILATUL, KHASANAH (2021) Program Sinau Bareng (PSB) saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Fitria Lailatul Khasanah_T20174023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fitria Lailatul, 2021: Program Sinau Bareng (PSB) saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Program Sinau Bareng, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Tematik Terpadu. Program Sinau Bareng merupakan program yang dicetuskan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Program ini sebagai akses untuk mempermudah peserta didik dan pendidik dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Pada Program Sinau Bareng pembelajaran tematik dilaksanakan dengan tatap muka dan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Program Sinau Bareng Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang? 2) Bagaimana proses pelaksanaan Program Sinau Bareng Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam pembelajaran Tematik di Kelas 2 di MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang? 3)Bagaimana kelebihan dan kekuranga Program Sinau Bareng Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 di MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui perencanaan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang. 2) Mengetahui proses pelaksanaan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 di MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang. 3) Mengetahui kelebihan dan kekurangan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 di MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan Perencanaan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang yaitu : Untuk perencanaan Program Sinau Bareng staf dan guru melakukan rapat untuk menjelaskan cara kerja program ini. 2) Proses pelaksanaan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang meliputi : wajib menggunakan masker, handsenitizer dan cek suhu badan, sekolah dimulai pada pukul 07.00 sampai 10.45 WIB. 3) Kelebihan dan kekurangan Program Sinau Bareng saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 2 MI Nurul Islam Labruk Kidul Lumajang, yaitu sebagai berikut : kelebihannya membantu dalam memahami pelajaran, dan kekurangannya pertemuan hanya 3 kali dalam seminggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:17
Last Modified: 28 Mar 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item