Pengendalian risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Dewi, Intan Sari (2024) Pengendalian risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN WATERMARK.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Intan Sari Dewi, 2024: Pengendalian Risiko Operasional Perempuan Pemecah Batu Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Risiko Operasional, Perempuan Pemecah Batu, dan Perekonomian Keluarga.
Perempuan bekerja merupakan hal yang biasa terjadi di zaman modern saat ini, dengan ini perempuan bisa mengembangkan potensi diri yang mereka miliki dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan potensi sumber daya alamnya yaitu batu alam. Daerah yang memiliki tambang batu alam adalah Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono. Di Desa Sumberwringin, Ibu Rumah Tangga bekerja sebagai pemecah batu untuk membantu suaminya dalam meningkatkan perekonomian keluarga.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi perekonomian keluarga perempuan pemecah batu di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember? 2) Bagaimana risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember? 3) Bagaimana pengendalian risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi perekonomian keluarga perempuan pemecah batu di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pengendalian risiko operasional perempuan pemecah batu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Kondisi perekonomian keluarga perempuan pemecah batu terbilang kurang mampu, namun dapat membantu perekonomian keluarga mereka; 2) Risiko yang biasa terjadi seperti tangan terluka akibat terkena martil dan tergoresnya tangan oleh pecahan batu yang tajam; 3) Untuk mengendalikan risiko tersebut, pihak pengelola memberikan arahan untuk menggunakan baju lengan panjang dan sarung tangan pada saat bekerja, kemudian para perempuan pemecah batu tertib mengikuti anjuran dari pihak pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Sari Dewi
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:28
Last Modified: 01 Jul 2024 05:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item View Item