Hubungan self control dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater di lingkungan fakultas dakwah universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember

Nazela, Gheby Laily Ainun (2024) Hubungan self control dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater di lingkungan fakultas dakwah universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
GHEBY LAILY AINUN NAZELA_205103030017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Self control ialah kemampuan dalam diri individu untuk mengelola perilaku serta informasi yang penting ataupun tidak penting dan kemampuan untuk membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Perilaku konsumtif merupakan tindakan individu dalam mengonsumsi barang atau jasa dengan pembelian yang berlebihan karena tidak dapat mengontrol dirinya. Mahasiswa salah satu yang diharapkan dapat mengontrol perilakunya atau perilaku konsumtifnya agar tidak terlalu membuang waktu ataupun materi. Pada uraian yang telah dijelaskan, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan self control dan perilaku konsumtif terhadap mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater dan hubungan self control dengan perilaku konsumtif terhadap mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater di lingkungan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang diajukan serta melihat hubungan sebab akibat pada hubungan self control dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater. Populasi penelitian sebanyak 2.264 mahasiswa Fakultas Dakwah dan pengambilan sampel penelitian dengan purposive sampling sehingga mendapatkan jumlah sebanyak 230 responden mahasiswa Fakultas Dakwah.
Tiap indikator pada setiap variabel dihasilkan pada indikator self control, kontrol perilaku 27%, kontrol kognitif 33% dan kontrol dalam pengambilan keputusan 40%. Hampir sebagian dari mahasiswa Fakultas Dakwah dapat mengontrol dirinya dalam memilih yang akan disetujui. Pada indikator perilaku konsumtif, pembelian impulsif 20%, pembelian tidak rasional 47% dan pemborosan 33%. Maka dari itu mahasiswa Fakultas Dakwah melakukan pembelian tidak sesuai kebutuhan. Pada pengguna spaylater, kemudahan dalam penggunaan 30%, manfaat 20% dan intensitas pengguna 50%. Sebagian dari mahasiswa pengguna spaylater senang menggunakan aplikasi shopee karena inovasi dan tawaran yang terbaru, juga terdapat fitur yang dirasa memudahkan penggunanya.
Hasil dari penelitian diketahui bahwa mahasiswa Fakultas Dakwah memiliki tingkat self control yang sedang dengan persentase sebesar 54% dan tingkat perilaku konsumtif sebesar 57%. Berdasarkan hasil uji variabel bebas dan terikat secara bersamaan menghasilkan nilai positif yang signifikan antara self control, perilaku konsumtif dan mahasiswa pengguna shopee fitur spaylater di lingkungan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dengan nilai f yang didapat sebesar 137,503 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan semakin rendahnya tingkat self control pada mahasiswa maka akan semakin tinggi perilaku konsumtifnya dan sebaliknya semakin tinggi tingkat self control maka akan semakin rendah tingkat perilaku konsumtif mahasiswa terhadap pembelian di aplikasi shopee yang menggunakan pembayaran spaylater.
Kata kunci: self control, perilaku konsumtif, mahasiswa, spaylater.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Gheby Laily Ainun Nazela
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:21
Last Modified: 01 Jul 2024 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34927

Actions (login required)

View Item View Item