Pengaruh literasi keuangan dan mental accounting terhadap kebahagiaan pada mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember

Ferawati, Yuda (2024) Pengaruh literasi keuangan dan mental accounting terhadap kebahagiaan pada mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-035-AKSYA-2024)
SKRIPSI FERA FIKSSSSS BANGETTTTTTT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Mental Accounting, Kebahagiaan, Mahasiswa Rantau, FEBI UIN KHAS Jember.

Fenomena literasi keuangan dan mental accounting adalah topik yang sangat menarik untuk diteliti, terutama di kalangan mahasiswa. Fenomena ini sering kali berkaitan dengan pengambilan keputusan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyoroti bagaimana teori mental accounting dalam akuntansi perilaku dapat menjadi bahan diskusi yang baru, didukung oleh berbagai literatur yang relevan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini mencakup pemahaman akan pentingnya kebahagiaan dalam manajemen dan alokasi dana, karena setiap individu memiliki keinginan untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup mereka masing-masing. Proses pencapaian kebahagiaan ini melibatkan berbagai pengorbanan, baik dalam bentuk materi, tenaga, maupun pikiran, yang kemudian mempengaruhi gaya hidup individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan mental accounting terhadap tingkat kebahagiaan mahasiswa rantau Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 40 mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember angkatan 2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi keuangan dan mental accounting, sedangkan variabel dependen adalah kebahagiaan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebahagiaan mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember. Hal ini menunjukkah bahwa kebahagiaan dari responden dipengaruhi oleh indikator-indikator yang ada dalam literasi keuangan, indikator tersebut meliputi Financial knowledge, Financial behavior dan Financial attitude. 2) Mental accounting tidak berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember. Dengan memahami dan mengelola keuangan secara lebih fleksibel, mahasiswa dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka selama menjalani masa studi di perantauan. 3) Variabel literasi keuangan dan mental accounting berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kebahagiaan mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember. Artinya apabila variabel literasi keuangan dan mental accounting lebih ditingkatkan lagi dan diperhatikan maka hal ini dapat meningkatkan kebahagiaan mahasiswa rantau FEBI UIN KHAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mis Yuda Ferawati
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:31
Last Modified: 02 Jul 2024 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item View Item