Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Merek Wardah

Dinika, Suci Widiya (2024) Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Merek Wardah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Widiya Dinika_E20192263.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci : Religiusitas, Label halal, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian,
Kosmetik Wardah.

Perkembangan produk kosmetik halal di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Seiring meningkatnya religiusitas seseorang dalam mengkonsumsi produk halal, dan anjuran dalam mengkonsumsi suatu yang halal dalam syariat islam. Membuat industri kosmetik halal memanfaatkan peluang ini untuk membuat produk kosmetik berlabel halal. Wardah merupakan pelopor produk kosmetik halal di Indonesia. Sampai saat ini Wardah terus mengembangkan produknya agar sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh konsumen. Fokus penelitian ini adalah: (1) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara parsial? (2) Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara parsial? (3) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian
kosmetik merek Wardah secara parsial? (4) Apakah religiusitas, label halal dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh signifikasi religiusitas terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara parsial. (2) Mengetahui pengaruh signifikasi label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara parsial. (3) Mengetahui pengaruh signifikasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara parsial. (4) Mengetahui pengaruh religiusitas, label halal, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden, di uji menggunakan uji intrumen: validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik: uji normalitas, uji mutikolenieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis: uji parsial, uji simultan dan uji determinasi (R2). Hasil penelitian ini adalah: (1) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek Wardah secara parsial. (2) Label halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk
kosmetik merek Wardah secara parsial. (3) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek Wardah secara parsial. (4) Religiusitas, Label Halal dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Wardah pada mahasiswi prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2019 UIN KHAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms suci widiya dinika
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:48
Last Modified: 02 Jul 2024 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34932

Actions (login required)

View Item View Item