Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Melalui Metode Pembinaan Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Santri Putra Pondok Pesantren Ar-risalah Ajung Jember

Hasbi Barozi, Barozi (2024) Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Melalui Metode Pembinaan Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Santri Putra Pondok Pesantren Ar-risalah Ajung Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-071-PAI-2024)
Hasbi Barozi T20191398 (skripsi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hasbi Barozi: Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah melalui metode pembinaan Untuk Mengembamgkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Santri Putra Pondok Pesantren Ar-Risalah Ajung Jember.
Kata Kunci: Muhadharah, Pembinaan, Karakter Disiplin Dan Mandiri
Muhadharah ialah salah satu kegiatan dakwah yang dilakukan di atas mimbar atau berdiri di depan orang banyak dengan menggunakan seni bahasa yang bagus, gestur tubuh dan mimik wajah yang tepat serta materi yang menarik. Muhadharah dimaknai juga sebagai ajang pengembangan diri dengan latihan berpidato, latihan berpidato di depan umum perlu persiapan dan teknik guna melatih seseorang agar dapat berbicara di depan umum untuk menyampaikan pengetahuan, pikiran dan gagasan. Kegiatan muhadharah juga dapat digunakan untuk meningkatkan karakter terutama karakter disiplin dan mandiri sebagaimana yang diterapkan oleh pondok pesantren Ar-Risalah Ajung.
Fokus penelitian ini meliputi: Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah melalui metode pembinaan dalam mengembangkan karakter disiplin santri putra pondok pesantren Ar-risalah Ajung, dan apa saja Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan muhadharah melalui metode pembinaan dalalm mengembangkan karakter disiplin dan mandiri santri putra pondok pesantren Ar-Risalah Ajung Jember, dan tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan kegiatan muhadharah menggunakan metode pembinaan untuk mengembangkan karakter disiplin dan mandiri, faktor penghambat dan pendukung kegiatan muhadharah melalui metode pembinaan untuk mengembangkan karakter disiplin dan mandiri santri putra pondok pesantren Ar-Risalah Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data ini menggunakan analisis data kualitatif dapat berupa pemeriksaan keabsahan data berdasar kriteria tertentu yaitu atas dasar keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian, hal ini disebutkan beberapa teknik pemeriksaan keabsahan data. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Ulpaya yang dilakulkan dalam melmbina santri pultra Ar-Risalah yaitul delngan melmbelrikan pelmbinaan kelpada santri dalam prosels kelgiatan mulhadharah dalam melncari matelri. Tuljulan dari adanya pelmbinaan yaitul ulntulk melmandirikan santri pultra dalam mancari matelri dan melmbanguln karaktelr yang mandiri dan disiplin atas tulgas-tulgas yang dibelrikan olelh pelmbimbing. 2. Faktor pelndulkulng dalam melningkatkan kelgiatan mulhadharah santri pultra di Pondok Pelsantreln Ar-Risalah yaitul pelneltapan waktul pellaksanaan kelgiatan, melneltapkan pelmbimbing, kelbijakan pelsantreln, dan dulkulngan sarana dan prasarana. Seldangkan faktor pelnghambat dalam melningkatkan kelgiatan mulhadarah santri pultra di Pondok Pelsantreln Ar-Risalah Ajulng, yaitul kulrangnya minat dari santri, malas, bakat, dan kulrangnya motivasi santri dari pelmbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Barozi Hasbi Barozi
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:22
Last Modified: 01 Jul 2024 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34933

Actions (login required)

View Item View Item