Peningkatan hasil belajar pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan case method learning pada siswa kelas VIII MTs Mambaul Hikmah Tanggul Jember

Rohma, Siti Lutfiatur (2024) Peningkatan hasil belajar pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan case method learning pada siswa kelas VIII MTs Mambaul Hikmah Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-025-TADRIS-IPA-2024)
Siti Lutfiatur Rohma_204101100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Siti Lutfiatur Rohma, 2024: Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Sistem Pernapasan dengan Menggunakan Case Method Learning pada Siswa Kelas VIII MTs Mambaul Hikmah Tanggul Jember

Kata Kunci: Case Method Learning, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan

Latar belakang pada penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas VIII di MTs Mambaul Hikmah Tanggul dalam memahami mata pelajaran IPA. Kesulitan ini timbul karena siswa merasa bosan dan menganggap pelajaran IPA monoton, sebab guru sering menggunakan model pembelajaran tekstual yang membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, berdampak pada hasil belajar mereka yang juga rendah. Sebagai solusi, peneliti memilih untuk menggunakan model pembelajaran case method learning untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Mambaul Hikmah Tanggul melalui penerapan model pembelajaran case method learning pada materi sistem pernapasan?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan case method learning pada materi sistem pernapasan kelas VIII di MTs Mambaul Hikmah Tanggul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang terbagi dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dengan subjek penelitian 27 siswa kelas VIII MTs Mambaul Hikmah Tanggul. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian penerapan model case method learning ini terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklus, ditunjukkan dengan persentase hasil posttest yang meningkat. Pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai persentase 67%, dengan 18 siswa mencapai KKM. Pada siklus II, persentase meningkat menjadi 88,89% dengan 24 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, siklus II dinyatakan berhasil karena nilai siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Siti Lutfiatur Rohma
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:33
Last Modified: 01 Jul 2024 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34943

Actions (login required)

View Item View Item