Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung

Yulia Putri, Etika (2024) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ETIKA YULIA PUTRI-205101030008.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Etika Yulia Putri, 2024 : Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Kelas, Keaktifan Belajar Siswa
Manajemen kelas merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Manajemen kelas memiliki peran dalam membantu peserta didik melangsungkan kewajibannya dalam proses pendidikan yang berkaitan dengan motivasi, produktifitas, dan kepuasan.
Fokus masalah yang diteliti ialah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung ?. 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung?. 3) Bagaimana evaluasi hasil pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung?. Tujuan penelitian terdiri dari 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi hasil pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa 1) Perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung sendiri penataan kelas didasarkan dengan melibatkan para siswa. Guru SMPN 1 Ajung dalam proses perencanaan telah mendasarkan secara keseluruhan terhadap tahapan perencanaan manajemen kelas. 2) Pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung dilakukan dengan memperhatikan dua hal yaitu penataan terhadap fisik komponen kelas dan penataan kondisi psikologis para siswa. Guru di SMPN 1 Ajung menggunakan manajemen kelas juga sebagai upaya untuk dapat menunjang terwujudnya capaian pembelajaran yang sudah dibentuk, salah satunya adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. 3) Evaluasi hasil pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ajung dilakukan secara periodik berdasarkan preferensi masing-masing guru dengan melibatkan siswa secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Etika Yulia Putri
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:01
Last Modified: 01 Jul 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34945

Actions (login required)

View Item View Item