Analisis kinerja UMKM melalui metode Balance Scorecard Pada Zidane Mart Sumberbaru Jember.

Mu'alipah, Faridatul (2024) Analisis kinerja UMKM melalui metode Balance Scorecard Pada Zidane Mart Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faridatul Mu’alipah_201105030013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Faridatul Mu’alipah, 2024: Analisis Kinerja Umkm Melalui Metode Balance Scorecard Pada Zidane Mart Sumberbaru Jember.

Kata Kunci: Balance scorecard, Kinerja UMKM

Pengukuran kinerja UMKM pada Zidane Mart selama ini hanya dilihat pada aspek keuangan secara tradisional yang tidak dapat memberikan gambaran secara keseluruhan yang tidak diperhitungkan oleh Zidane Mart. Dalam hal ini, pengukuran kinerja penting untuk dilakukan karena dapat mengevaluasi hasil pencapaian kinerja. Namun pengukuran kinerja tidak hanya dilihat pada segi keuangan tetapi juga diperlukan pengukuran kinerja non keuangan sebagai perencaaan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang. Salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kinerja UMKM yaitu Balance scorecard.
Fokus dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif keuangan? 2) Bagaimana kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif pelanggan?3) Bagaimana kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif proses bisnis internal? 4) Bagaimana kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif keuangan. 2) Untuk mengetahui kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif pelanggan. 3) Untuk mengetahui kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif proses bisnis internal. 4) Untuk mengetahui kinerja Zidane Mart Sumberbaru Jember apabila diukur melalui metode balance scorecard berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode ini mengumpulkan datanya melalui wawancara, observasi lapangan, atau dokumen yang sudah ada.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dihasilkan, bahwa kinerja UMKM Zidane Mart 1) Perspektif Keuangan, Nilai ROE, ROA, dan NPM, dinilai cukup baik 2) Perspektif Pelanggan, baik karena pelayanan terhadap pelanggan puas, harga serta kualitas baik dan ada penambahan pelanggan baru setiap tahunnya, 3) Proses bisnis internal dinilai cukup baik, untuk proses bisnis efisien, pelayanan purna jual diterapkan, namun inovasi tidak ada produk hanya memenuhi sesuai keinginan pembeli, 4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai baik, karyawan merasa puas terhadap fasilitas dan perlakuan atasan, informasi perintah oleh atasan dilakukan dengan baik dan tidak adanya pelatihan terhadap karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Faridatul Mu'alipah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:32
Last Modified: 01 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34952

Actions (login required)

View Item View Item