Pengembangan handbook materi pramuka tingkat penggalang ramu peserta didik SDN Curahlele 03 Balung Jember

Sawitri, Aderia Arum (2024) Pengembangan handbook materi pramuka tingkat penggalang ramu peserta didik SDN Curahlele 03 Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-048-PGMI-2024)
Aderi Arum Sawitri 202101040014 PGMI.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (47MB)

Abstract

Hasil pra observasi dan wawancara dengan pendidik menyatakan bahwa tidak ada pembina yang secara aktif mendukung pembelajaran ekstrakulikuler pramuka dan pendidik belum sepenuhnya memahami materi pramuka. Mereka belum menempuh KMD (Kursus Mahir Dasar), menunjukkan bahwa mereka tidak siap dalam mengajarkan pembelajaran ekstrakulikuler pramuka. Saat ini, pembelajaran ekstrakulikuler pramuka terbatas pada materi peraturan baris berbaris (PBB). Dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan suatu handbook materi pramuka.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana desain produk pengembangan handbook materi pramuka tingkat penggalang ramu peserta didik SDN Curahlele 03 Balung Jember, 2) Mengetahui bagaimana kelayakan produk pengembangan handbook materi pramuka tingkat penggalang ramu peserta didik SDN Curahlele 03 Balung Jember, dan 3) Mengetahui bagaimana praktikalitas produk pengembangan handbook materi pramuka tingkat penggalang ramu peserta didik SDN Curahlele 03 Balung Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: define, design, develompment, and dissemination dimana tahap dissemination tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 ahli pendidik sebagai pengguna, serta 14 peserta didik dari kelas IV dan V SDN Curahlele 03 Balung Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil desain, handbook dibuat untuk menarik peserta didik dalam belajar, mempunyai banyak warna, dan dapat digunakan dalam waktu yang panjang, serta topik tingkat penggalang ramu. 2) Hasil kelayakan berdasarkan uji validasi yaitu ahli materi sebesar 94,66 % yang berkriteria sangat baik, ahli media sebesar 98,18 % yang berkriteria sangat baik, dan ahli pendidik sebesar 93,04 % yang berkriteria sangat baik. Sedangkan hasil respons peserta didik skala kecil sebesar 87,14 % yang berkriteria sangat menarik dan skala besar 85 % yang berkriteria sangat menarik. 3) Hasil praktikalitas, handbook berbentuk cetak dan digital, bisa diakses dengan barcode, dan berbentuk buku kecil ukuran A5, serta praktis dan mudah dibawa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik digunakan saat proses pembelajaran ekstrakulikuler pramuka.

Kata kunci : Handbook, Pramuka, Penggalang Ramu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Aderia Arum Sawitri
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:40
Last Modified: 01 Jul 2024 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34959

Actions (login required)

View Item View Item