Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Tahun Pelajaran 2023/2024

Sofiatul, Adawiyah (2024) Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-087-PAI-2024)
SKRIPSI SOFIA WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an

Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo merupakan program unggulan yang diselenggarakan secara mandiri, dengan ketentuan di juz 30. Pelaksanaan program pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengidentifikasi dan memecahkan problematika dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Baitul Hikmah, dengan fokus pada kelancaran, fashahah, dan ketepatan tajwid membaca hafalan al-Quran.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) bagaimana problematika kelancaran membaca hafalan al-Qur’an siswa pada pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo? 2) bagaimana problematika fashahah membaca hafalan al-Qur’an siswa pada pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo? 3) bagaimana ketepatan tajwid membaca hafalan al-Qur’an siswa pada pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an siswa di Mts Baitul Hikmah Tempurejo. 1) problematika kelancaran membaca hafalan al-Qur’an siswa menghadapi tantangan dalam mencapai target hafalan, kendala utamanya; sering lupa, jarang mengulang hafalannya/murajaah, kurangnya metode pengajaran yang efektif, serta kurangnya fokus dan motivasi. 2) problematika fashahah hafalan al-Qur’an; kurangnya pemahaman mereka mengenai makharijul huruf, membedakan huruf-huruf hijaiyah yang mirip, dan ketidakpahaman terhadap panjang pendek bacaan. 3) problematika ketetapan tajwid hafalan al-Qur’an; kesulitan membedakan hukum bacaan tajwid seperti idzhar, idghom dan ikhfa, serta kurangnya pemahaman terhadap tanda-tanda tajwid. 4) solusi atau upaya mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa siswi mts baitul hikmah tempurejo yaitu mengadakan kegiatan baca tulis al-Qur’an, memotivasi, membuat jadwal hafalan terstruktur, pembiasaan mengaji secara rutin, penggunaan metode efektif atau media pembelajaran yang menarik, mengajarkan ilmu tajwid dan kerjama antar orang tua dalam mengajarkan tajwid sejak dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Sofiatul Adawiyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:06
Last Modified: 08 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34966

Actions (login required)

View Item View Item