Fanizatus Soleha, Gifriani (2024) Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-076-PAI-2024)
SKRIPSI GIFRIANI FIKS (SDH DI REVISI) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) |
Abstract
Gifriani Fanizatus Soleha, 2024: Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Dengan Menggunakan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panti Jember
Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Make A Match, Meningkatkan Hasil Belajar
Dalam pembelajaran di kelas, guru merupakan faktor penting dalam
menentukan mutu Pendidikan. Peran mereka sangat sentral, terutama sebagai
pihak yang mengarahkan proses pembelajaran. Guru yang ingin sukses dalam
pembelajaran harus memilih metode pembelajaran yamg sesuai dengan materi
yang diajarkan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Jelas bahwa
Keputusan metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran
sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Adapun metode pembelajaran
yang cocok digunak dan sudah di terpakna di SMPN 1 Panti yaitu metode
pembelajaran Make a Match
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan
Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di
SMPN 1 Panti Tahun Pelajaran 2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan
Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di
SMPN 1 Panti Tahun Pelajaran 2023? 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Make A Match
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Panti Tahun
Pelajaran 2023?
Metode Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode dan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
Obervasi, Wawancara dan Dokumentasi
Berdasarkan Hasil temuan menungjukan bahwa pemeblajaran pendidikan
agama islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam perencanaan
pembelajaran meliputi, perumuasan tujuan pembelajaran, pemilihan materi
pembelajaran, metode pembelajaran, dan pemilihan sumber/media pembelajaran.
Dala pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan,inti, dan penutup
yang terstruktur dengan baik. Dalam Evaluasi menunjukan peningkatan yang
signifikan dalam hasil belajar siswa, baik dari segi pengetahuan dan keaktifan
siswa. Nilai ulangan siswa yang meningkat dan proses tanya jawab yang
berlangsung aktif menjadi indicator keberhasilan metode pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Gifriani Fanizatus Soleha Gifriani Fanizatus Soleha |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34969 |
Actions (login required)
View Item |