Penerapan metode Snowball Throwing pada pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Afaf, Labibah (2024) Penerapan metode Snowball Throwing pada pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII di MTs Al-Khairiyah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-095-PAI-2024)
Fixed Skripsi Labibah Afaf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Labibah Afaf, 2024. Penerapan Metode Snowball Throwing Pada Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs. Al-Khairiyah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci : Metode Snowball Throwing, Akidah Akhlak

Penerapan metode snowball throwing pada pembelajaran Akidah Akhlak merupakan penerapan yang sangat penting digunakan oleh guru. Metode adalah teknik penyampaian yang digunakan guru dan sudah menjadi kewajiban untuk pencapaian hasil yang diinginkan. Snowball throwing adalah metode pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan, membuat siswa tidak mudah bosan dalam pembelajaran yang begitu-begitu saja, sehingga dapat dinikmati oleh siswa. Guru yang menggunakan metode berharap akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam proses pembelajaran Snowball Throwing ini siswa dapat bersemangat dan senang dengan suasana pembelajaran yang didalamnya terdapat permainan melempar bola kertas dengan membuat sebuah pertanyaan terlebih dahulu oleh setiap siswa.
Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode snowball throwing dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs. Al-Khairiyah Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode snowball throwing pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs. Al-Khairiyah Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga Teknik, yaitu : Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga metode, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di MTs. Al-Khairiyah Tempurejo Jember. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Langkah-langkah penerapan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran akidah akhlak adalah a) Diawali dengan pendahuluan yaitu membaca do’a dan mengabsen b) Siswa mengamati bacaan tentang materi yang dipelajari dan mendengarkan guru menjelaskan materi c) Guru membentuk kelompok dengan membagi peseta didik menjadi 4 kelompok d) Siswa membuat pertanyaan terkait materi e) Siswa melemparkan bola kertas berisi pertanyaan kepada siswa lainnya f) Siswa lain yang mendapat bola kertas tersebut menjawab pertanyaan. 2) Prestasi belajar siswa setelah penerapan metode Snowball Throwing pada pembelajaran akidah akhlak adalah dengan melalui hasil siswa dalam pembelajaran yang dapat diamati pada latihan akhir bab yang menunjukkan adanya nilai yang terbilang sempurna. Prestasi belajar siswa juga membawa perubahan dengan adanya siswa yang semakin aktif, kreatif, dan bersemangat dalam pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Labibah Afaf
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:07
Last Modified: 08 Jul 2024 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item