Pengaruh media pembelajaran gambar berbasis digital terhadap hasil belajar IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Nizamuddin, Mohammad (2024) Pengaruh media pembelajaran gambar berbasis digital terhadap hasil belajar IPS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Diploma thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-037-TADRIS-IPS-2024)
hard-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Berbasis Digital terhadap Hasil Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN
2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Gambar Berbasis Digital, Hasil Belajar
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan diMTsN 2 Jember ,
terdapat penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan
oleh guru IPS. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media cetak
yang monotan sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami
materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran Gambar Berbasis Digital.
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan dalam penelitisn ini
adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran gambar berbasis digital terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 2 Jember
pada tahun pembelajaran 2023/2024?
Dengan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini adalah: untuk
mengetahui pengaruh media pembelajaan gambar berbasis digital terhadap hasil
belajar pada mata Pelajaran IPS Di MTsN 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi experimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah
Nonequivalent control group design, yaitu desain penelitian dengan menggunakan
pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Uji instrumen penelitian
menggunakan uji validitas, uji reabilitas,uji tingkat kesukaran dan uji daya beda.
Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji Homogenitas
sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah
uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test (uji T).
Hasil analisis data menggunakan SPSS 23 dapat diketahui bahwa nilai sig
(2- tailed) yaitu, 0,000 < 0,05 , hal ini menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) <
0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Artinya terdapat pengaruh media gambar berbasis digital terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran ips di MTsN 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nizam Nizamuddin Nizam
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:38
Last Modified: 09 Jul 2024 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34976

Actions (login required)

View Item View Item