Manajemen Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember

Karina Adinda, Putri (2024) Manajemen Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-061-MPI-2024)
KARINA ADINDA PUTRI_201101030019_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakurikuler Kaligrafi, Kecerdasan Visual Spasial

Manajemen merupakan suatu proses yang mencakup sejumlah aktivitas yang dilaksanakan untuk mengelola suatu kegiatan seperti halnya ekstrakurikuler kaligrafi merupakan wadah untuk meningkatkan kualitas kreativitas kaligrafi. SMP Plus Darus Sholah Jember merupakan salah satu lembaga yang menerapkan ekstrakurikuler kaligrafi, selain itu lokasi SMP Plus Darus Sholah Jember terletak berdekatan dengan pusat kota yang mempunyai kualitas kaligrafi yang lebih baik.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Perencanaan Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana Pengorganisasian Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember? 3) Bagaimana Pengarahan Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember? 4) Bagaimana Pengendalian Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan sumber data dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler Kaligrafi, dan Siswa-siswi Ekstrakurikuler Kaligrafi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan meliputi tujuan, strategi, sumber daya dan indikator keberhasilan. 2) Pengorganisasian meliputi pengalokasian sumber daya manusia, prosedur pengorganisasian, struktur organisasi, bentuk kegiatan (perekrutan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia), dan penempatan sumber daya manusia. 3) Pengarahan meliputi pemberian motivasi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir siswa dalam berkarya dan memberikan tugas serta penjelasan rutin mengenai ekstrakurikuler kaligrafi. 4) Pengendalian meliputi pengevaluasian dan cara mengatasi berbagai masalah serta memberikan solusi dalam ekstrakurikuler kaligrafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms perpustakaan karina adinda putri
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:16
Last Modified: 02 Jul 2024 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34977

Actions (login required)

View Item View Item