Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Toleransi Beragama Siswa Di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Al Zakiyah, Riya Nafs (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Toleransi Beragama Siswa Di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-080-PAI-2024)
Riya Nafs Al Zakiyah 201101010017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (29MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan agama Islam, Toleransi Beragama
Perbedaan yang seharusnya menjadi kekayaan, justru berpotensi memicu perpecahan yang tidak hanya antar umat beragama bahkan sesama muslim juga kerap menimbulkan perselisihan. Hasil survei Setara Instite menunjukkan adanya peningkatan sikap intoleransi beragama di kalangan remaja di sekolah, hal ini merupakan sebuah fenomena yang menghawatirkan bagi masa depan bangsa. Disinilah peran kursial pendidikan di sekolah sebagai sarana dalam mewujudkan generasi bangsa yang toleran baik antar umat beragama ataupun sesama muslim. Dalam hal ini peran guru sangatlah penting, khususnya guru Pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi sehingga dapat membentuk sikap toleransi terhadap generasi muda. Sebagaiamana agama Islam, dalam ajarannya sangat menjunjung tinggi toleransi. Oleh karena itu guru Pendidikan agama Islam memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk sikap toleransi beragama terhadap siswanya melalui pembelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah.

Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap toleransi siswa antar umat beragama di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap toleransi siswa sesama muslim di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember tahun pelajaran 2023/2024?

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian dalam mengumpulkan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap toleransi siswa antar umat beragama yaitu: a. Sebagai Fasilitator yang memberikan pemahaman materi toleransi antar umat beragama melalui pembelajaran dengan metode pembelajaran yang bervariasi b. Edukator yang memberi edukasi ketika terdapat permasalahan yang menyinggung agama lain c. Teladan untuk bersikap toleransi terhadap teman yang berbeda melalui kegiatan perayaan keagamaan. 2) Peran guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap toleransi siswa sesama muslim yaitu: a. Sebagai Edukator yang memberikan pemahaman materi tentang persaudaraan sesama muslim ketika terjadi pemahaman yang berbeda b. Teladan untuk bersikap baik dan tidak membeda-bedakan teman walaupun berbeda organisasi Islam c. Pembimbing dalam mendorong siswa untuk mempererat persaudaraan sesama muslim melalui kegiatan-kegiatan keagamaan umat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riya Nafs Zakiyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:43
Last Modified: 12 Jul 2024 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item