Pengembangan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama bagi Siswa Kelas XI di SMAN 4 Jember

Ainur, Cahyati (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama bagi Siswa Kelas XI di SMAN 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUR CAHYATI 201101010016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, lectora inspire, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SMAN 4 Jember. Ketika pembelajaran di kelas siswa di SMAN 4 Jember sering kali menunjukkan sikap intoleransi, hal tersebut menunjukkan perlunya penanaman sikap toleransi di lingkungan sekolah. Berkaitan dengan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI yaitu materi menguatkan kerukunan melalui toleransi menjadi hal kesempatan untuk menguatkan pemaham materi agar dapat menerapkan sikap toleransi dan mencegah adanya sikap intoleransi kedepannya. Dalam penyampaian pembelajaran di kelas masih sering menggunakan buku paket, dan ppt dll. Hasil wawancara dengan guru dan siswa perlu untuk dilakukan pengembangan mengenai media pembelajaran yaitu dengan menggunakan software lectora inspire yang mana nantinya media tersebut menghasilkan output berbetuk html/web.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media interaktif berbasis lectora inspire, 2) menguji kelayakan media interaktif berbasis lectora inspire, 3) menguji kemenarikan terhadap media interaktif berbasis lectora inspire, 4) menguji efektivitas media interaktif berbasis lectora inspire,
Penelitian menggunakan metode pengembangan atau research and development (R&D), dalam penelitian pengembangan ini menerapkan model Borg and gall yang memiliki 10 (Sepuluh) langkah yaitu, 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) pengujian terbatas, 5) revisi, 6) uji kelompok kecil, 7) revisi, 8) uji kelompok besar, 9) revisi akhir, 10) diseminasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Media interaktif berbasis lectora inspire dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dinyatakan valid dengan perolehan nilai dari validator ahli media 87,5%, ahli materi memperoleh nilai 90%, dan ahli materi pelajaran memperoleh nilai 77,5%. Dari ketiga hasil nilai persentase media interaktif lectora inspire dinyatakan layak digunakan, 2) Media interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam uji kemenarikan memperoleh nilai persentase uji kelompok besar yaitu 90% dengan kriteria “Sangat Valid” artinya layak dan media interaktif berbasis lectora inspire menarik digunakan dalam proses pembelajaran, 3) Media interaktif berbasis lectora inspire dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dinyatakan efektif dengan hasil pengujian paired sample T atau uji T kelompok besar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 <0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara sebelum dan setelah penggunaan media interaktif berbasis lectora inspire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainur Cahyati Cahyati
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:16
Last Modified: 01 Jul 2024 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34983

Actions (login required)

View Item View Item