Zahro, Nila Lailatuz (2024) Nilai-nilai seni tari Lestari Alamku sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-030-TADRIS-IPS-2024)
skripsi Nila Lailatuz Zahro.204101090004..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Sumber belajar tidak hanya berupa buku pelajaran saja, namun sumber
belajar bisa berasal dari pesan, orang, perangkat lunak, alat, metode, lingkungan
dan budaya. Sumber belajar dibagi menjadi dua yaitu sumber belajar by design dan
sumber belajar by utilization. Sumber belajar by utilization merupakan sumber
belajar yang dirancang tidak khusus untuk proses pembelajaran, namun bisa
dimanfaatkan dan digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Seperti
kearifan lokal pada seni tari lestari alamku untuk dijadikan sebagai sumber belajar.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana nilai-nilai yang
terdapat pada tari lestari alamku, 2) Bagaimana bentuk nilai kearifan lokal seni tari lestari alamku sebagai sumber belajar IPS di SMPN 1 Ambulu.
Tujuan penelitian dala skripsi ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan nilainilai kearifan lokal yang terdapat pada tari lestari alamku. 2) Untuk
mendeskripsikan bentuk nilai kearifan lokal seni tari lestari alamku sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Ambulu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deksriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan purposive
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) nilai-nilai kearifan lokal yang ada pada
tari lestari alamku ini ada tiga : nilai tanggung jawab, nilai gotong royong, dan nilai seni. 2) nilai seni tari lestari alamku melalui dua cara, yang pertama dengan
mencocokan nilai kearifan lokal yang ada dengan muatan materi pada kelas VII.
Cara yang kedua yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran dengan
memanfaatkan kearifan lokal tari lestari alamku sebagai sumber belajar. Proses
pembelajaran yang dilakukan melalui tiga tahap. Tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pelaksanaan melalui tiga kegiatan, kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
v
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Nila Lailatuz Zahro |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:31 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 01:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34984 |
Actions (login required)
View Item |