Penerapan media pembelajaran permainan Ular Tangga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Azzahroh, Nindia Farah (2024) Penerapan media pembelajaran permainan Ular Tangga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-039-TADRIS-IPS-2024)
NINDIA FARAH AZZAHROH (202101090009)-SKRIPSI COMPLETED-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Hambatan yang sering kali muncul saat pembelajaran di kelas adalah siswa yang tidak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Media ular tangga adalah media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga yang sudah di modifikasi oleh guru agar sesuai dengan proses pembelajaran. Pada permainan ini siswa akan bersaing antar kelompok untuk memenangkan permainan dengan cara menjawab soal sebanyak mungkin agar dapat menjalankan pion mereka.
Dengan diterapkan nya media ini siswa akan berpartisipasi penuh dalam permainan sehingga siswa akan berusaha mengingat materi dari yang telah dipelajari sebelumnya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1)bagaimana perencanaan penerapan media pembelajaran permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS dikelas VIII SMPN 2 Jember? 2) bagaimana penerapan media pembelajaran
permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS dikelas VIII SMPN 2 Jember? 3)bagaimana bagaimana evaluasi penerapan media pembelajaran ular tangga pada
mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)mendeskripsikan perencanaan penerapan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS dikelas VIII SMPN 2 Jember? 2) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Jember? 3) mendeskripsikan evaluasi penerapan media pembelajaran berbasis ular tangga pada mata pelajaran IPS dikelas VIII di SMPN 2 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) guru mempersiapkan perencanaan media pembelajaran ular tangga dengan mempersiapkan RPP
terlebih dahulu. 2) pelaksanaan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga dilakukan sesuai dengan RPP. 3) evaluasi penerapan media pembelajaran
ular tangga adalah pada saat kelompok yang banyak menerima soal harus mendapati di kotak angka yang berada dalam ular, maka mereka akan turun dan tertinggal. Padahal mereka banyak menjawab soal. Dan apabila ada kelompok yang sedikit menjawab soal namun mereka mendapat kotak angka tangga, maka mereka akan berada di angka tertinggi padahal hanya menjawab sedikit soal. Penilaian hasil belajar siswa dilihat dari nilai penugasan yang diberikan sebelum permainan ular tangga dan sesudah menggunakan media ular tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nindia Farah Azzahroh
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:21
Last Modified: 09 Jul 2024 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34992

Actions (login required)

View Item View Item