Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Mahasiswa Santri (Mahasantri) Di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember Tahun 2024

Maghfiroh, Lailatul (2024) Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Mahasiswa Santri (Mahasantri) Di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-060-PAI-2024)
Lailatul Maghfiroh_203101010004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB)

Abstract

Lailatul Maghfiroh, 2024: Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Mahasantri Di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember Tahun 2024.

Kata kunci: peran pondok pesantren, akhlakul karimah.

Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk akhlakul karimah mahasantri, sebab pondok pesantren dipandang sebagai lembaga yang tepat dalam pembentukan akhlak. Pondok pesantren sangat menekankan ajaran pokok islam, salah satuya adalah akhlak, karena akhlak mencakup semuanya baik akhlak kepada allah, sesama manusia, kepada alam dan yang lainnya. Akhlak adalah tindakan yang dilakukan manusia tanpa melalui pertimbangan tertentu sebelumnya, dan muncul menjadi suatu kebiasaan. Adapun urgensitas akhlak sendiri dapat di identifikasi dari sabda nabi yang artinya tidaklah aku diutus kedunia ini kecuali untuk menyempurnakan akhlak, sehigga lembaga pendidikan yang berbasis agama semacam pesantren menjadikan akhlak sebagai salah satu orientasi utama.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran pondok pesantren dalam mebentuk akhlakul karimah mahasantri kepada Allah SWT di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember?. 2) Bagaimana peran pondok pesantren dalam mebentuk akhlakul karimah mahasantri kepada sesama manusia di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember? Bagaimana peran pondok pesantren dalam membentuk akhlakul karimah mahasantri kepada Lingkungan di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam mebentuk akhlakul karimah mahasantri kepada Allah SWT di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember 2) Mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam mebentuk akhlakul karimah mahasantri kepada sesama manusia di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember, 3) Mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam membentuk akhlakul karimah mahasantri kepada Lingkungan di pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian (field research), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersumber dari model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran pondok pesantren dalam membentuk akhlakul karimah mahasantri kepada Allah SWT yaitu mengajarkan kepada mahasantri untuk: a) Taat kepada Allah, b) Tawakal c) Bersyukur, d) Ikhlas. 2) Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Mahasantri kepada Sesama Manusia, yaitu mengajarkan kepada mahasantri untuk: a) Hormat kepada yang lebih tua, b) Menjaga hubungan persaudaraan, c) saling tolong menolong, d) Menepati janji. 3) Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Mahasantri kepada lingkungan yaitu: a) Mengajarkan kepada mahasantri agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan b) Memanfaatkan alam dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms LAILATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:13
Last Modified: 01 Jul 2024 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35003

Actions (login required)

View Item View Item