Islamisasi Tradisi Ider Bumi Di Dusun Gepuro Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023

Jannah, Naimatul (2024) Islamisasi Tradisi Ider Bumi Di Dusun Gepuro Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-062-PAI-2024)
Naimatul Jannah_202101010005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (32MB)

Abstract

Naimatul Jannah, 2024: Islamisasi Tradisi Ider Bumi Di Dusun Gepuro Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi Tahun 2023

Kata kunci: nilai-nilai Islam, faktor pengaruh, tradisi ider bumi

Suku Using di Banyuwangi memiliki banyak ragam tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi yang berkembang hingga saat ini tentunya tidak luput dari nilai-nilai Islam. Nilai-nilai Islam ini merupakan prinsip-prinsip kehidupan yang bersumber dari ajaran Islam. Tradisi ini menjadi salah satu perantara menjalin hubungan kepada sang maha pencipta dan kepada hamba lainnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai Islam dalam tradisi ider bumi dusun Gepuro desa Watukebo kecamatan Blimbingsari kabupaten Banyuwangi?, 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi nilai-nilai Islam dalam tradisi ider bumi dusun Gepuro desa Watukebo kecamatan Blimbingsari kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai Islam dalam tradisi ider bumi dusun Gepuro desa Watukebo kecamatan Blimbingsari kabupaten Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai-nilai Islam dalam tradisi ider bumi dusun Gepuro desa Watukebo kecamatan Blimbingsari kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Nilai-nilai Islam yang terkandung dalam tradisi ider bumi, yaitu acara ghitikan, kegiatan ini mengandung nilai akhlak yang dibuktikan dengan solidaritas masyarakat yang berkumpul dan saling tolong-menolong selama acara. Pembacaan Khotmil Qur'an dan Sholawat Barzanji mengandung nilai ibadah dan nilai tauhid yang tercermin dari pembacaan khotmil qur'an yang diawali dengan tawasul dan diakhiri dengan doa. Selain itu juga terlihat dari berkumpulnya masyarakat, yang menandakan silaturahmi dan kekompakan masyarakat dusun Gepuro. Poro Bungkil mengandung nilai akhlak sebagai pengingat untuk selalu bersyukur atas hasil panen dan sebagai pengingat agar selalu menjaga lingkungan. Pelaksanaan ider bumi mengandung nilai tauhid, ibadah dan akhlak yang terlihat dari pembacaan tawasul, istighfar, adzan, membaca doa tolak balak dan terjalinnya kebersamaan masyarakat Gepuro dalam prosesi tersebut. 2) Faktor yang mempengaruhi nilai-nilai Islam dalam tradisi ider bumi ini yaitu sejarah dan interaksi budaya, pemimpin keagamaan dan warisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naimatul Jannah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:07
Last Modified: 01 Jul 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item