Internalisasi Nilai Akhlak Tasawuf Siswa Melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji

Wahidah, Luluk (2024) Internalisasi Nilai Akhlak Tasawuf Siswa Melalui Kegiatan Dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai haji chmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-079-PAI-2024)
LULUK WAHIDAH_202101010053..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi diartikan sebagai penghayatan terhadap terhadap suatu ajaran, doktrin atau melalui nilai pembinaan, bimbingan dan sebagainya sehingga menjadi keyakinan dan kesadaran akan kebenaran suatu ajaran atau nilai yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai akhlak tasawuf ilahiyyah siswa melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji, 2) Bagaimana proses internalisasi nilai akhlak tasawuf insaniyyah siswa melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji, Bagaimana proses internalisasi nilai akhlak tasawuf alamiyyah siswa melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai akhlak tasawuf ilahiyyah siswa melalui kegiatan dzikir ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji, 2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai akhlak tasawuf insaniyyah siswa melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji, 3) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai akhlak tasawuf alamiyah siswa melalui kegiatan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Aliyah An-Nuriyyah Rambipuji
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan menggambarkan secara sistemasis, akurat, dan tepat pada bidang tertentu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, wawancara dan Dokumentacsi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu: Data Collection, Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/ Verification. Pengujian keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: Triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa proses internalisasi nilai akhlak tasawuf siswa yang terbagi dari nilai akhlak tasawuf ilahiyyah, insaniyyah, dan alamiyyah siswa di Madrasah Aliyah An-Nurriyah Rambipuji memiliki tiga proses tahapan yaitu dari proses transformasi nilai dengan pemberian wejangan/nasihat kepada siswa secara verbal, proses transaksi nilai dilaksakan dengan memberikan bimbingan langsung kepada siswa, dan proses transinternalisasi dilaksanakan dengan menanamkan pembiasaan kepada siswa.

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Akhlak Tasawuf, Dzikir Ratib Al-Haddad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Luluk Wahidah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:28
Last Modified: 01 Jul 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35019

Actions (login required)

View Item View Item