Pembelajaran Fiqih Menggunakan Strategi Debat Aktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Di MTs Ar-Riyadh Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024

Ali Hasan, Muhammad (2024) Pembelajaran Fiqih Menggunakan Strategi Debat Aktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Di MTs Ar-Riyadh Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-089-PAI-2024)
Muhammad Ali Hasan_202101010102..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pembelajaran dianggap berhasil apabila seluruh atau sebagian besar siswa terlibat secara aktif. Namun, masih terdapat siswa di Mts Ar-Riyadh yang kurang aktif dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran fiqih, sehingga hal ini berdampak pada kesulitan memahami materi, mereka cenderung merasa malu untuk bertanya. Oleh karena itu, usaha guru dalam merangsang keaktifan belajar siswa dengan menggunakan strategi debat aktif.
Adapun Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas ix di MTS Ar-Riyadh Jenggawah tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas ix di MTS Ar-Riyadh Jenggawah tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas ix di MTS Ar-Riyadh Jenggawah tahun pelajaran 2023/2024? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Subjek penelitian : Waka kurikulum, Guru fiqih, dan perwakilan siswa kelas IX teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX meliputi, a) Guru merumuskan tujuan pembelajaran menggunakan metode debat aktif; b) Guru menentukan materi pembelajaran tentang jual beli; c) Sumber belajar/media pembelajaran yang digunakan adalah buku fiqih kelas IX dan media pembelajaran yang digunakan papan tulis, spidol, dan buku tulis; d) Strategi yang digunakan adalah debat aktif e) Guru menetapkan penilaian observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda dan essai 2) Pelaksanaan pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif, mencakup pembukaan pelajaran, penyampaian materi melalui tanya jawab, diskusi, refleksi, pemberian tugas, dan pengakhiran dengan doa dan salam.3) Evaluasi Pembelajaran fiqih menggunakan strategi debat aktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu guru menggunakan penilaian formatif melalui observasi pada saat proses penyampaian materi, diskusi. Kemudian guru menilai melalui tes objektif bentuk pilihan ganda, dan essay dengan perkembangan hasil diatas skor ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ali Hasan
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:33
Last Modified: 02 Jul 2024 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35024

Actions (login required)

View Item View Item