Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Model Berbasis Proyek Kelas VIIB DI SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024

Nailatul, Aliyah (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Model Berbasis Proyek Kelas VIIB DI SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAILATUL ALIYAH (202101010075).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Arjasa dalam pembelajarannya menerapkan suatu inovasi pembelajaran baru yaitu dengan menggunakan model berbasis proyek salah satunya pada kelas VllB materi mawas diri dan intropeksi dalam menjalani kehidupan dengan membuat poster mengenai perilaku mengimani tugas malaikat dalam kehidupan sehari hari dengan tujuan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, dan untuk mendukung penguatan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila dalam karakteristik kurikulum merdeka.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model berbasis proyek kelas VllB di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024 ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model berbasis proyek kelas VllB di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024 ? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model berbasis kelas VllB di SMPN 2 Arjasa Tahun pelajaran 2023/2024 ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN 2 Arjasa. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI kelas VIII, Guru PAI kelas VII-IX dan perwakilan siswa kelas VIIB. Teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Peneliti memperoleh kesimpulan yaitu 1) terdapat lima aspek dalam perencanaan pembelajaran. a. guru merumuskan tujuan pembelajaran yaitu berupa tujuan pembelajaran dan tujuan kompetensi. b. guru menetapkan materi pembelajaran. c. guru menetapkan sarana dan prasarana pembelajaran. d. guru menetapkan model atau metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan model berbasis proyek. e. guru menetapkan penilaian pembelajaran yaitu berupa penilaian formatif, pengetahuan, dan keterampilan. 2) Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas ada tiga yaitu a. Kegiatan pendahuluan yakni salam, berdoa, cek kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan motivasi, apersepsi, dan tanya jawab. b. Kegiatan inti yakni guru menyampaikan materi melalui model berbasis proyek, menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan vidio pembelajaran, membagi kelompok,menyampaikan tugas proyek dan menetapkan konsep proyek, menyiapkan alat dan bahan proyek, proses pengerjaan proyek, dan terakhir presentasi hasil proyek. c. Kegiatan penutup yakni guru dan siswa memberi kesimpulan, mengecek tugas siswa, refleksi dan pemberian tugas. 3) Evaluasi pembelajaran yakni guru menentukan penilaian sikap berupa penilaian formatif melalui observasi, penilaian pengetahuan berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan yakni hasil pembuatan proyek dan menghafal Q.S Al-Anbiya/21:19.

Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Model Berbasis Proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nailatul Aliyah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:13
Last Modified: 01 Jul 2024 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35038

Actions (login required)

View Item View Item