Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi IPA Kelas IX Semester Ganjil Di SMP Negeri 2 Kalisat Tahun 2023/2024

Lestari, Safira Ayu (2024) Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi IPA Kelas IX Semester Ganjil Di SMP Negeri 2 Kalisat Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-026-TADRIS-IPA-2024)
SAFIRA AYU LESTARI_201101100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru dalam lingkungan belajar tertentu, dimana kegiatan pembelajaran mencakup aktivitas belajar. Belajar adalah proses interaksi antara stimulus yang diberikan oleh guru dan respons yang dihasilkan oleh siswa. Proses belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, yang berperan penting dalam menentukan efektivitas pembelajaran.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana urutan tingkatan kesulitan materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Apa saja faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024?, 3) Apa saja faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui urutan tingkatan kesulitan Materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024, 3) Untuk mengetahui faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi IPA kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed method dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitiannya di SMP Negeri 2 Kalisat Jember. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX C dan IX E yang berjumlah 60 siswa, seorang guru IPA kelas IX, serta kepala sekolah SMP Negeri 2 Kalisat Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Urutan peringkat kesulitan materi IPA Kelas IX semester ganjil di SMP Negeri 2 Kalisat Jember, dari yang paling sulit hingga yang paling mudah, adalah sebagai berikut: Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup, Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari, Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari, Sistem Reproduksi Manusia, dan Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan, 2) Faktor internal yang menyebabkan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kalisat mengalami kesulitan belajar IPA selama semester ganjil. Faktor internal meliputi aspek psikologis seperti bakat, minat, dan emosi siswa, serta aspek fisiologis seperti gangguan kesehatan ringan (pusing dan sakit perut), 3) Faktor eksternal yang menyebabkan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kalisat mengalami kesulitan belajar IPA selama semester ganjil. Faktor eksternal mencakup lingkungan keluarga (kondisi keluarga), lingkungan sekolah (media pembelajaran dan fasilitas pembelajaran), serta lingkungan masyarakat (penggunaan media sosial)
Kata kunci: Faktor kesulitan belajar, Pembelajaran IPA, tingkatan kesulitan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: SAFIRA AYU LESTARI
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:08
Last Modified: 09 Jul 2024 00:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35040

Actions (login required)

View Item View Item