Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Penanaman Tanaman Hias Pada Siswa SMA Plus Al Azhar Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Widi, Dela Renita (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Penanaman Tanaman Hias Pada Siswa SMA Plus Al Azhar Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-TADRIS-BIO-2024)
Dela Renita Widi_prin bendel (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Penanaman
Tanaman Hias.
Pendidikan adalah salah satu fungsi yang harus dilakukan dengan baik
oleh keluarga dan masyarakat dalam pendidikan itu berlangsung. Pendidikan
dalam arti luas adalah hidup. Artinya pendidikan itu merupakan seluruh
pengetahuan belajar yang terjadi sepanjang hayat dalam memberikan pengaruh
positif pada pertumbuhan peserta didik. Pendidikan karakter merupakan salah
satu wahana yang penting untuk melengkapi tujuan pendidikan yang sbeenarnya,
nilai-nilai moral sebagai pedoman utama yang berperan penting dalam
membentuk sikap, perilaku, dan pandangan hidup.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan
penanaman tanaman hias pada siswa SMA Plus Al-Azhar Jember? 2) apa saja
kendala dan upaya yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter
peduli lingkungan melalui kegiatan penanaman tanaman hias pada siswa SMA
Plus Al-Azhar Jember?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk
mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui
kegiatan penanaman tanaman hias pada siswa SMA Plus Al-Azhar Jember. 2)
Untuk mengetahui kendala dan upaya yang dihadapi dalam implementasi
pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan penanaman tanaman
hias pada siswa SMA Plus Al-Azhar Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru
Biologi, dan Siswa. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan
purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles and
Huberman. Keabsahan datamenggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Kesimpulan yang didapkan dari penelitian ini adalah: 1)Implementasi
pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan penanaman tanaman
hias di SMA Plus Al-Azhar Jember dilakukan melalui kegiatan penanaman
tanaman hias, siswa dapat belajar nilai-nilai seperti kepedulian, tanggung jawab,
kerjasama, dan keindahan alam. 2)Kendala yang dihadapi dalam penerapan
pendidikan karakter peduli lingkungan pada siswa di SMA Plus Al-Azhar
Jember yaitu kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa, dan tanaman hias
membutuhkan perawatan yang teratur dan perhatian yang konsisten untuk
tumbuh dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menjadwalkan
perawatan tanaman hias secara teratur dan melibatkan siswa dalam kegiatan
perawatan, dan mengadakan kegiatan sosialisasi untuk memotivasi keterlibatan
siswa dan guru dalam kegiatan penanaman tanaman hias.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dela Dela Renita Widi
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:55
Last Modified: 04 Jul 2024 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35067

Actions (login required)

View Item View Item