Kepemimpinan Perempuan dalam Membentuk Karakter Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini di RA Ulul Albab Mangli -Jember

Hanifah, Hanifah (2024) Kepemimpinan Perempuan dalam Membentuk Karakter Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini di RA Ulul Albab Mangli -Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-041-MPI-2024)
HANIFAH_T20193021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Hanifah, 2024: Kepemimpinan Perempuan dalam Membentuk Karakter Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini di RA Ulul Albab Mangli Jember
Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan, Karakter Moderasi Beragama, Anak Usia Dini
Gaya kepemimpinan perempuan cenderung lebih demokratis dan partisipatif. Pada RA Ulul Albab Mangli Jember menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan di lembaga ini menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan visioner yang berdampak positif dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini. Karakter moderasi beragama yang di ajarkan di RA Ulul Albab, seperti toleransi dan ketaatan pada aturan, serta kegiatan keagamaan, membantu anak-anak mengembangkan rasa hormat terhadap keyakinan agama islam dan menjadi moderat dalam keyakinan mereka.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana gaya kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ulul Albab Mangli Jember? 2) Bagaimana strategi kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ulul Albab Mangli Jember?. Dengan tujuan penelitian 1)Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ulul Albab Mangli Jember, 2) Untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi beragama dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ulul Albab Mangli Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Subyek diambil menggunakan teknik purposive diantaranya Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru, dan Ketua Yayasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Gaya kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi bragama pada anak usia dini di RA Uul Albab Mangli Jember menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan visioner 2) Strategi kepemimpinan perempuan dalam membentuk karakter moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ulul Albab Mangli Jember melalui tiga tahapan yaitu perencanaan dan pembuatan program kegiatan yang mendukung pembentukan karakter moderasi beragama pada siswa, pelaksanaan, dn evaluasi. Adapun program kegiatan yang dilakukan untuk membentuk karakter moderasi beragama di RA Ulul Albab Mangli Jember yaitu: 1) Program kegiatan jumat beramal, 2) Kegiatan home visit, 3)Kegiatan profil pelajar pancasila, 4) Parenting terhadap orang tua, 5) Pembinaan terhadap guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ms hanifah hanifah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:00
Last Modified: 02 Jul 2024 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35082

Actions (login required)

View Item View Item