Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas X MAN 2 Kota Probolinggo

Musfiroh, Royhana Ayu (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas X MAN 2 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-131-PAI-2024)
Royhana Ayu Musfiroh_20110101005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka, sebagai respons pemerintah terhadap dampak pandemi, menegaskan kebebasan sebagai prinsip intinya. Didesain untuk mendorong pemikiran kritis, kreativitas, dan kemandirian siswa, kurikulum ini menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan zaman. Memberi ruang lebih besar bagi peran aktif siswa, sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan individual mereka. Integrasi nilai-nilai lokal, agama, dan budaya menjadi fokus, menciptakan lingkungan belajar inklusif. Kurikulum Merdeka bukan sekadar kurikulum, melainkan wadah untuk mengembangkan karakter, kepemimpinan, dan kewirausahaan siswa, mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia modern.

Fokus penelitian skripsi yaitu; 1) bagaimana perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 2 Kota Probolinggo? 2) bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 2 Kota Probolinggo? 3) bagaimana asesmen kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 2 Kota Probolinggo?

Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 2 Kota Probolinggo.

Metode yang digunakan adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di MAN 2 Kota Probolinggo. Subyek dalam penelitian meliputi: Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran, dan siswa kelas X. dengan menggunakan teknik pengumpulan data; 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian adalah 1) tahapan perencanaan yaitu; a) mengikuti kegiatan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka b) mengikuti pelatihan implementasi kurikulum merdeka c) penyusunan dokumen kurikulum operasional madrasah (KOM) d) menyusun perangkat pembelajaran e) penyusunan modul ajar dan modul proyek. 2) tahapan pelaksanaan yaitu; a) pembelajaran intrakulikuler dilaksanakan berdasarkan modul ajar b) materi pembelajaran berupa bagian esensial c) menggunakan metode belajar berpusat pada siswa dan berorientasi pada pembelajaran abad 21 d) pembelajaran proyek dilaksanakan sesuai modul proyek secara serentak. 3) tahapan asesmen yaitu a) asesmen pembelajaran intrakulikuler dilakukan guru pengampu diawal pembelajaran, selama pembelajaran, dan akhir pembelajaran atau fase dengan tiga penilaian yaitu diagnostik, formatif, sumatif sesuai ketentuan pada rubrik penilaian siswa; b) asesmen pembelajaran proyek serentak dilakukan diakhir kegiatan proyek itu sendiri.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka; Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Royhana Ayu Musfiroh
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:34
Last Modified: 15 Jul 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item View Item