Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Nadhilah, Diana Nur (2024) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-070-PAI-2024)
Diana Nur Nadhilah T20191141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan, Metode bernyanyi, Pembelajaran Ilmu Tajwid. TPA Miftahul Ulum Wonosari Puger.
Bernyanyi adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu daya ingat dan pemahaman siswa. Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum wonosari puger jember menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran ilmu tajwid kepada santri. Dalam konteks pembelajaran ilmu tajwid, metode bernyanyi yang diterapkan mempermudah santri dalam memahami dan menghafal kaidah tajwid yang cukup banyak. Hal ini menjadikan peneliti tertarik memilih judul Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2). Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3). Bagaimana hasil penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan, kekurangan dan kelebihan, serta hasil dari penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran ilmu tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1). Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di TPA Miftahul Ulum Wonosari, Puger, Jember tahun pelajaran 2024/2025 menunjukkan komitmen untuk menjadikan kualitas pembelajaran ilmu tajwid menjadi lebih baik dengan langkah mempersiapkan lagu dan menerapkan lagu materi ilmu tajwid dengan bernyanyi. 2). Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di TPA Miftahul Ulum Wonosari Puger Jember tahun 2024/2025 memiliki kelebihan yaitu: santri menjadi antusias, santri lebih mudah dalam memahami dan menghafal materi ilmu tajwid, serta suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Namun juga terdapat kekurangan yaitu: waktu persiapan dan kesulitan menemukan lagu yang sesuai serta kendala menyesuaikan lagu dalam semua kelas. 3). Hasil penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran tajwid di TPA Miftahul Ulum Wonosari, Puger, Jember tahun 2024/2025 menunjukkan bahwa siswa menjadi antusias, lebih mudah memahami dan menghafal materi ilmu tajwid, santri juga dapat membaca Al-Qur'an dengan tartil dan fasih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms perpustakaan Diana Nur Nadhilah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:53
Last Modified: 05 Jul 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35102

Actions (login required)

View Item View Item