Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Darus Sholah

Putri, Anggia Devi Saviera (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Darus Sholah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-058-PAI-2024)
REVISII FIKS ANGGIA (1) ACC watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Putri Anggia Devi Saviera Maharani, 2024: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Make A Match, Wordwall, Berpikir Kritis.

Model pembelajaran kooperatif Make a Match menggunakan media wordwall (mencari pasangan) merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif yang pelaksanaanya peserta didik diperintah untuk mencari pasangan kemudian mempelajari bentuk konsep pembelajaran. Saat observasi di sekolah SMP Plus Darus Sholah masih banyak berbagai macam keluhan dari siswa mengenai pelajaran pendidikan agama islam yang dinilai membuat siswa kurang paham dan mengerti mengenai materi yang diajarkan serta pelajaran yang menoton membuat siswa bosan dalam belajar.
Adapun fokus penelitian yang dibahas pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa ? 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunaka Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa ?
Tujuan Penelitian ini adalah :1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Sisw. 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunakan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Menggunaka Media Wordwall Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. penelitian kualitatif memiliki sifat desktiptif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Darus Sholah Jember. observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana yaitu Pengumpulan Data (Data Collection), Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), Penarikan kesimpulan dan verifikasi (Drawing and verifying conclusions). Adapun keabsahan data diperoleh melalui dua teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pada proses pembelajaran ada tiga komponen terdiri dari silabus, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, dan bahan ajar yaitu Hormat dan Patuh kepada orang tua dan guru. 2) pelaksanaan yakni meliputi pendidik akan mengucapkan salam, lalu memimpin berdoa dan materi pembelajaran secara singkat pada bab hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru., lalu membagikan kartu, terakhir kegiatan penutup, pendidik akan memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya, memberikan soal kepeda peserta didik, lalu diakhiri dengan membaca doa bersama. 3) evaluasi implementasi model pembelajaran kooperatif yakni pendidik akan memberikan tes tulis pada kegiatan akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Putri Anggia
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:12
Last Modified: 02 Jul 2024 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35105

Actions (login required)

View Item View Item