Analisis sistem digital Payment dan peningkatan keamanan Cyber pada data nasabah (Studi Bank Syariah Indonesia KCP Gajah Mada Jember)

Nofiyanti, Fitriya (2024) Analisis sistem digital Payment dan peningkatan keamanan Cyber pada data nasabah (Studi Bank Syariah Indonesia KCP Gajah Mada Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-PS-2024)
fitriya watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Pembayaran digital adalah pembayaran yang berbasis teknologi. Di dalam pembayaran digital uang disimpan, diproses, dan diterima dalam bentuk informasi digital dan proses pemindahannya diinisialisasi melalui alat pembayaran elektronik. Dalam istilah "Keamanan" didefinisikan sebagai tindakan perlindungan terhadap pengungkapan yang tidak disengaja, modifikasi atau korupsi data dalam sistem dan juga untuk keamanan sistem itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui sistem digital payment pada BSI KCP Gajah Mada Jember (2)Untuk mengetahui upaya keefektifan peningkatan keamanan Cyber pada BSI KCP Gajah Mada Jember dalam melindungi data nasabah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek menggunakan purposive., sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.metode analisis datamenggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu manajemen risiko yang dilakukan oleh BSI KCP Gajah Mada Jember sudah sesuai dengan syariat. Dan kerjasama yang kompak menjadikan lebih efektif. Selain itu, peningkatan keamanan Cyber dilakukan melaui pihak ketiga atau vendor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Fitriya Nofiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:55
Last Modified: 02 Jul 2024 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35107

Actions (login required)

View Item View Item