Peran Komunitas Sekolah Perempuan Dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Kabupaten Jember

Purwaningsih, Dinda Dwi (2024) Peran Komunitas Sekolah Perempuan Dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Dwi Purwaningsih-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perempuan di Indonesia saat ini masih rawan korban kekerasan terhadap
perempuan. Di Kabupaten Jember sendiri angka kasus kekerasan terhadap perempuan
cukup tinggi. Salah satu faktor penyebab dari adanya tindak kekerasan terhadap
perempuan adalah diskriminasi. Oleh karena itu, pemberdayaan perempuan menjadi
cara yang paling strategis untuk meningkatkan potensi perempuan dan meningkatkan
peran perempuan baik didomain publik maupun domestik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan subyek
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model
analisis data interaktif Miles & Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Fokus Penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran komunitas sekolah
perempuan Jember dalam pemberdayaan perempuan melalui program pencegahan dan
penanganan kekerasan terhadap perempuan dananak? 2) Apa saja faktor penghambat
dan faktor pendukung dalam program pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap
perempuan dan anak oleh komunitas sekolah perempuan di Kabupaten Jember? 3)
Bagaimana dampak yang dirasakan peserta dari pemberdayaan perempuan dalam
program pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh
komunitas sekolah perempuan Jember.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui peran Komunitas
Sekolah Perempuan Jember dalam pemberdayaan perempuan melalui program
pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dananak. 2) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program pencegahan dan
penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh komunitas sekolah
perempuan. 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak yang dirasakan peserta dari
pemberdayaan perempuan dalam program pencegahan dan penanganan kekerasan
terhadap perempuan dan anak oleh komunitas sekolah perempuan di Kabupaten Jember.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran yang dilakukan Komunitas
Sekolah Perempuan Jember dalam pemberdayaan perempuan melalui program
pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan yaitu peran fasilitatif, peran
edukatif, peran perwakilan, peran teknis. 2) Faktor penghambat internal kurangnya
koordinasi yang baik antar anggota, kurangnya prasarana yang memadai, kesibukkan di
luar tupoksi. Faktor penghambat eksternal ialah para korban kurang kooperatif. Faktor
pendukung internal ialah dana anggaran, Faktor pendukung eksternal ialah dukungan
positif dari masyarakat, dukungan DP3AKB dan organisasi lain. 3) Dampak yang
dirasakan peserta ialah tersedianya rumah aman bagi para korban, meningkatnya
kesadaran perempuan akan kesetaraan hak, dan perempuan lebih teredukasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dinda Dwi Purwaningsih
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:54
Last Modified: 02 Jul 2024 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35123

Actions (login required)

View Item View Item