Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan dari Keluarga Peserta Didik Broken Home di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung - Jember

Nurmayunita, Faiza (2024) Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan dari Keluarga Peserta Didik Broken Home di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung - Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FAIZA NURMAYUNITA 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Faiza Nurmayunita, 2024: Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan dari Keluarga Peserta Didik Broken Home di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung - Jember

Kata Kunci : strategi broken home, Prestasi Belajar, Kedisiplinan..

Karena kasus broken home di anak MI/SD sangatlah rentan untuk perkembangan belajar mereka, peserta didik yang mengalami broken home di sekolah inipun terbilang cukup banyak sehingga peneliti ingin menggali data lebih dalam tentang strategi apa yang dilakukan oleh para guru di MI Al Barokah An-Nur agar peserta didik broken home ini dapat meningkatkan prestasi belajar dan kedisiplinannya secara lebih detail lagi.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana strategi yang guru lakukan dalam mendidik peserta didik broken home untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan di MI Al-Barokah An-Nur Kecamatan Ajung-Jember ?.2) Problem apa saja yang dihadapi guru dalam mendidik peserta didik broken home untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan di MI Al-Barokah An-Nur Kecamatan Ajung-Jember?.3) Bagaimana solusi yang pihak Madrasah lakukan dalam mengatasi problem untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan kepada peserta didik yang berlatar belakang broken home di MI Al-Barokah An-Nur Kecamatan Ajung-Jember ? Tujuan dari penelitian ini: 1)Untuk mengetahui dan menganalisis peran seorang guru dalam mendidik siswa broken home untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan di MI Al-Barokah An-Nur Kecamata Ajung–Jember.2) Untuk mengetahui dan menganalisis problem apa sage yang dihadapi guru saat mendidik peserta didik yang berlatar broken home dalam meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan di MI AL-Barokah An-Nur Kecamatan Ajung-Jember.3) Mendeskripsikan bagaimana solusi pihak Madrasah dalam mengatasi problem saat mendidik peserta didik berlatar belakang broken home untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan Kedisiplinan di Mi Al-Barokah An-Nur Kecamatan Ajung-Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) problem yang dihadapi terdiri dari kurangnya dukungan orangtua, tidak semua orangtua/wali dari peserta didik tersebut mengawasi buah hatinya didalam rumah, terkadang masih sibuk bekerja dan terkadang pula dititipkan bersama sanak keluarga lainnya yang kurang memahami bagaimana perkembangan peserta didik pada saat di rumah.2) strategi yang dilakukan oleh MI Al-Barokah An-Nur Ajung-Jember memiliki tiga metode yaitu dengan melakukan metode pengulangan, pembiasaan, dan bimbingan individual.3) solusi yang dilakukan dari pihak Madrasah yaitu mengadakan rapat, jika ada wali dari peserta didik berhalangan maka para guru mendatangi ke rumah yang bersangkutan,begitupun untuk peserta didik yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan para guru akan mencari tau penyebabnya, dan untuk meningkatkan kualitas daripendidik pihak Madrasah melakukan pelatihan atau bimbingan untu pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Faiza Nurmayunita
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:44
Last Modified: 02 Jul 2024 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35130

Actions (login required)

View Item View Item