Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mengggunakan Learning Management System (LMS) di Kelas XI Kesehatan 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Hasan, Zainul (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mengggunakan Learning Management System (LMS) di Kelas XI Kesehatan 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-064-PAI-2024)
Zainul Hasan_202101010100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pendidikan kita yang berada pada era abad ke-21 yang mana beriringan pula dengan era Revolusi Industri 4.0 yang secara fundamenal telah merubah segala aspek dalam kehidupan manusia dari segi pekerjaan, sosial, komunikasi, hingga pada sistem pendidikan. Seiring berjalannya waktu, perkembangan pesat ini mendorong sistem pendidikan, khususnya di SMA Negeri 1 Jember untuk dapat menerapkan pembelajaran yang sifatnya dapat diakses dimanapun dengan mudah, efektif, dan kapan pun sesuai kebutuhan. Maka dengan ini, kemunculan Learning Management System (LMS) menjadi sebuah jawaban atas pemanfaatan perkembangan teknologi dalam meningkatkan layanan pembelajaran. Kemunculan Learning Management System (LMS) ini didukung oleh teori belajar sibernetik dimana menekankan pada proses pengolahan informasi melalui teknologi sehingga melatih kemandirian dan kemampuan belajar peserta didik.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan Learning Management System (LMS) di kelas XI kesehatan 3 SMAN 1 Jember Tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama menggunakan Learning Management System (LMS) di kelas XI kesehatan 3 SMAN 1 Jember Tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan Learning Management System (LMS) di kelas XI kesehatan 3 SMAN 1 Jember Tahun pelajaran 2023/2024?.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui prosedur cek ulang data secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunaka reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam praktiknya, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS) ini dilakukan dengan mempertimbangkan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan demikian, penggunaan Learning Management System (LMS) ini dapat secara efektif difungsikan sebagai media pembelajaran untuk membantu guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam .

kata kunci: Learning Management System (LMS), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zainul Hasan
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:48
Last Modified: 05 Jul 2024 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35135

Actions (login required)

View Item View Item