Rasionalitas Ekonomi Pembelian Pakaian Bekas Di Pasar Babebo Ajung Kabupaten Jember

Zahroh, St. Fatimatuz (2024) Rasionalitas Ekonomi Pembelian Pakaian Bekas Di Pasar Babebo Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
St. Fatimatuz Zahroh_E20172118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

St Fatimatuz Zahroh, Ana Pratiwi 2024 ; Rasionalitas Ekonomi Pembeli Pakaian Bekas di Pasar Babebo ajung Kabupaten jember.
Rasionalitas adalah hal yang bisa dilakukan dengan dengan hal yang telah ada. Rasionalitas merupakan konsep normatif yang mengacu pada kesesuaian keyakinan seseorang dengan alasan seseorang untuk percaya, atau tindakan seseorang dengan alasan untuk melakukannya.
Fokus masalah yang diteliti ini adalah: 1) Bagaimana pola pembelian pakaian bekas di Pasar Babebo Ajung Kabupaten Jember? 2) bagaimana rasionalitas ekonomi pembeli pakaian bekas di Pasar Babebo Ajung Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah mendekskripsikan pola pembelian pakain bekas di pasar Babebo dan untuk mendeskripsikan rasionalitas ekonomi pembeli pakaian bekas di pasar Babebo Ajung Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik analisi dalam penelitian ini menggunakan deskriptif, menganalisis rasionalitas ekonomi pembeli pakaian bekas di pasar babebo Ajung Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Babebo merupakan alternatif lain bagi masyarakat untuk memenuhi akan kebutuhan sandang, Rasionalitas sendiri dapat dilihat dan dilakukan oleh pembeli adalah berdasarkan merk, harga yang murah, dan juga kualitas ada di Babebo sehingga pembeli akan melakukan pembelian secara terus menerus untuk berburu merk dengan harga yang murah. Bagi pembeli yang gemar dengan barang bermerk Babebo merupakan tujuan utam mereka akan sering berkunjung untuk mencari pakaian, celana, topi, dan lain-lainnya. Maka dari perilaku diatas menimbulkan suatu rasionalitas terhadap pembelian pakain bekas Babebo yang mana pembeli bukan hanya dari golongan menengah ke bawah tetapi juga dari menengah ke atas, yang mana mereka membeli Babebo sebagai pemenuhan akan kebutuhan sandang bagi peminat pakaian bekas Babebo.
Kata Kunci: Rasionalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: St. Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:47
Last Modified: 02 Jul 2024 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35139

Actions (login required)

View Item View Item