Perkembangan Perkebunan Karet Sentool Di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Pada Masa Peralihan (1970-1970 an)

Kustiana, Cicik (2024) Perkembangan Perkebunan Karet Sentool Di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Pada Masa Peralihan (1970-1970 an). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CICIK_KUSTIANA FIXXX - watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Cicik Kustiana, 2024. Perkembangan perkebunan karet sentool di desa suci kecamatan panti kabupaten jember pada masa peralihan (19501970 an)

Kata Kunci: Perkebunan, Sentool, Brawijaya, Agraria

Sebelum perkebunan menjadi milik Indonesia seperti sekarang, perkebunan dikuasai oleh perusahaan asing yang sejalan dengan adanya penjajahan di Indonesia. Perkebunan sendiri merupakan segala bentuk kegiatan yang mengusahakan suatu tanaman tertentu pada media tanam yang sesuai dengan ekosistem, mengolah dan memasarkan hasil tanam tersebut dengan bantuan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk mewujudkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat. Perkembangan tersebut mengakibatkan terjadinya peralihan serta perubahan di berbagai sektor pekebunan salah satunya perkebunan karet Sentool yang ada di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Masa-masa peralihan tersebut terjadi pada kurung waktu 1950-1970. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana sejarah berdirinya perkebunan karet Sentool di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. 2) bagaimana perkembangan perkebunan karet Sentool di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember pada masa peralihan (1950-1970an). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui informasi mengenai sejarah berdiri perkebunan Sentool serta perkembangan perkebunan Sentool pada masa peralihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah diantaranya, pemilihan topik, heuristik, Verifikasi, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori perkebunan dan teori perubahan sosial. Perkebunan Sentool termasuk dalam perkebunan besar milik swasta dan perkembangan nya mengalami perubahan baik sosial maupun ekonomi. Awal mula berdirinya perkebunan karet sentool di mulai pada tahun 1910 oleh Inggris sebagai pemilik awal, dengan memberikan modal di dua tempat yakni Sentool dan Durjo. seiring perkembangannya perkebunan sentool mengalami nasionalisasi atau peralihan dimulai pada tahun 1945-1950an sebagai pra nasionalisasi dan munculnya undang-undang agraria kemudian tahun 1950-1970 sebagai proses nasionalisasi sehingga pada tahun 1964 dengan pihak militer sebagai penangung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Cicik Kustiana
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:06
Last Modified: 02 Jul 2024 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item View Item