Penguatan Elemen Akhlak pribadi (Integritas dan Merawat Diri) melalui Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Wulandari, Silvi (2024) Penguatan Elemen Akhlak pribadi (Integritas dan Merawat Diri) melalui Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-075-PAI-2024)
SKRIPSI SILVI WULANDARI WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

SILVI WULANDARI, 2024: Penguatan Elemen Akhlak Pribadi (Integritas dan Merawat Diri) Melalui Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci : Akhlak Pribadi, Integritas, Merawat Diri, Pendidikan Agama Islam

Pada Era modern saat ini, terdapat fenomena manusia yang mengalami penurunan moralitas (Degradasi Moral). Pembentukan karakter sangat penting bagi setiap siswa untuk menanamkan nilai-nilai moral dalam diri mereka, terutama pada akhlak pribadi. Elemen akhlak pribadi dalam Profil Pelajar Pancasila didefinisikan dengan bersikap jujur, adil, rendah hati, serta berperilaku dengan hormat. Penguatan elemen akhlak pribadi terdapat 2 sub-elemen yaitu integritas dan merawat diri.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Bentuk Penguatan Elemen Akhlak Pribadi dari segi Penguatan Integritas melalui Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi?, 2) Bagaimana Bentuk Penguatan Elemen Akhlak Pribadi dari segi Merawat diri melalui program dan projek kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi?, Tujuan Penelitian : 1) Mendeskripsikan penguatan akhlak pribadi dari segi integritas melalui Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan penguatan akhlak pribadi dari segi merawat diri melalui program dan projek kelas X di SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik penentuan subyek penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dan keabsahan data menggunakan member check serta triangulasi sumber dan teknik. Serta teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Bentuk penguatan integritas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu menggunakan Modul Ajar dan Modul Belajar Kurikulum Merdeka, dan Pembiasaan praktik-praktik moral. 2) Bentuk Penguatan Merawat Diri yaitu melalui : a) Modul belajar kurikulum merdeka dan modul ajar yang disusun oleh guru PAI SMK Miftahul Huda Watukebo Banyuwangi. b) Pendidikan Agama Islam sebagai Penguatan Merawat Diri secara Mental, c) Program kantin sehat, d) Projek produksi makanan dari jurusan APHP, e) Ekstrakurikuler Pramuka, f) Ekstrakurikuler silat Pagar Nusa, g) Rutinitas pembacaan Asmaul Husna, h) Sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, i) Program mengaji bersama (BTQ), j) Program mengaji kitab risalah khusus siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Wulandari Vivi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:27
Last Modified: 02 Jul 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35151

Actions (login required)

View Item View Item