Risnawati, Ruchiyad (2020) Pembelajaran majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Risnawati Ruchiyad_T20161253.pdf Download (6MB) |
Abstract
Risnawati Ruchiyad, 2020: Pembelajaran majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin Di Indonesia, perjalanan berkembangnya kegiatan majelis-majelis taklim ini memiliki akar sejarah yang kuat. Kegiatan-kegiatan pembinaan agama Islam seperti yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat dan telah berkembang sejak masuknya agama Islam ke kawasan Nusantara, hal ini berkaitan dengan timbulnya kesadaran beragama di kalangan masyarakat. Lembaga pendidikan berbasis masyarakat (learning society) ini berperan utama dalam mewujudkan pembelajaran seumur hidup (life long education). Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul merupakan salah satu majelis taklim yang diselenggarakan di tengah masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran, mendalami, serta mengembangkan agama Islam sesuai dengan syariatnya dan berupaya memenuhi kebutuhan ganda yakni materil dan spiritual serta menjadikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, bukan hanya keselamatan bagi manusia tetapi juga untuk alam lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Apa materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin?, 2) Bagaimana metode pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin?, 3) Bagaimana implikasi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, 2) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, 3) implikasi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan metode purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang mengacu dari konsep Miles dan Huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan: 1) Materi pembelajaran yakni: a) tematiik, b) akhlak, c)pembelajaran isi kitab risalatul muawwanah. 2) metode pembelajaran yakni: ceramah. 3) Implikasi pembelajaran yakni:a) Pola dakwah (moderat), b) Menanamkan sikap tenggang rasa (tasammuh), c) Menanamkkan hidup seimbang (tawazun), d) Membiasakan hidup adil (ta’adul), e) Menyeru pada amar ma’ruf nahi munkar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 08:33 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3516 |
Actions (login required)
View Item |