Khilwani Nurbayani, Fanida (2024) Implementasi Metode Eksperimen Berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ambulu 36 Nurul Hidayah Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-052-PGMI-2024)
KHILWANI NURBAYANI FANIDA 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Khilwani Nurbayani Fanida, 2024: Implementasi Metode Eksperimen Berbasis
Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ambulu 36 Nurul Hidayah Ambulu
Jember.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Student Team Achievement Divisions (STAD),
Hasil Belajar, IPA.
Hasil belajar merupakan fokus utama dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Sikap yang positif, pengetahuan yang luas, dan keterampilan yang baik menjadi
Indikator dalam menentukan prestasi belajar peserta didik. Dengan pembelajaran yang asyik dan efektif akan membantu dan menghasilkan peserta didik yang kompeten. Hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik (Pertama) Guru tidak menerapkan strategi pembelajaran yang aktif dan berfariatif pada proses pembelajaran, padahal saat itu peserta didik kurang tertarik pada materi yang dijelaskan. (Kedua) Guru hanya menggunakan sumber belajar LKS, sehingga pembelajaran kurang konstekstual dan kurang maksimal dalam memperoleh hasil belajar. Maka untuk pemecahan masalah tersebut, peneliti mencoba dengan mengimplementasikan metode eksperimen berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD).
Fokus penelitian ini adalah: Apakah Implementasi Metode Eksperimen
Berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran IPA
Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ambulu 36 Nurul Hidayah Ambulu
Jember dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ?. Tujuan dan harapannya, penerapan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V materi Organ Peredaran Darah Manusia. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk mengatasi
permasalah yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan dua siklus,
setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Dan tujuan akhirnya untuk mencapai keberhasilan belajar > 75%.
Hasilnya, dengan penerapan metode eksperimen berbasis STAD ternyata
mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan kompetensi belajar peserta didik di setiap siklusnya. Pada siklus I penerapan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) tampak menghasilkan peningkatan, di banding dengan pra siklus. Nilai rata-rata kelas 71,66, sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 66.6% yaitu 16 peserta didik dapat dikatakan tuntas dari total 24 peserta didik.
Pada siklus II memberikan kabar yang lebih baik, rata-rata nilai hasil belajar
peserta didik mencapai 82.91, Sedangkan presentase hasil belajar peserta didik
87.5%. Jadi, ada sebanyak 21 peserta didik yang mencapai ketuntasan dari 24
jumlah peserta didik di kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Khilwani Nurbayani Fanida |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:22 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35166 |
Actions (login required)
View Item |