Nilai-nilai kearifan lokal tradisi Singo Ulung di desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso sebagai sumber pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Wonosari

Nisak, Siti Jumaliatun (2024) Nilai-nilai kearifan lokal tradisi Singo Ulung di desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso sebagai sumber pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Wonosari. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-029-TADRIS-IPS-2024)
Siti Jumaliatun Nisak_202101090019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Singo ulung merupakan sebuah tradisi yang memiliki kesakralan, keunikan ,mengambarkan kesaktian dan menjadi kebanggan masyarakat kabupaten bondowoso, jawa timur utamanya masyarakat desa blimbing. Tradisi Singo Ulung tidak hanya dikemas dalam upacara tradisional tetapi juga dapat dijadikan sebagai seni pertunjukan untuk menghibur masyarakat yang menyaksikannya. Tradisi Singo Ulung dikemas dalam sebuah upacara adat tradisional di desa Blimbing yang dilakukan selama tiga hari pada tanggal 13 – 15 Sya’ban. Selain diyakini untuk membersihkan atau menjauhkan desa dari berbagai macam masalah, tradisi ini juga dijadikan sebagai syarat untuk membersihkan diri sebelum melakukan ibadah Puasa di Bulan Ramadhan.
Fokus Penelitian ini yaitu (1) Bagaimana nilai-nilai kearifan lokal pada tradisi singo ulung bondowoso ? (2) Bagaimana pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran ips ?
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal pada tradisi singo ulung bondowoso (2) Mendeskripsikan pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran ips
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan peneliti adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Adapun hasil penelitian yaitu. (1) Nilai nilai kearifan lokal pada tradisi singo ulung terdiri dari nilai reliqius, nilai sosial, nilai budaya. (2). Pada kelas VII sesuai dengan CP dan TP Pada materi IPS Semester 1 yaitu Manusia, Tempat dan Lingkungan. Pada kelas VIII Sesuai dengan CP dan TP Semester 2 pada tema Kemajemukan Masyarakat indonesia, dan pada kelas IX sesuai dengan KI.3.2 dan KD 4.2 dalam materi semester 2 yaitu Indonesia dan Masa Kemerdekaan hingga Masa Reformasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Jumaliatun Nisak
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:51
Last Modified: 02 Jul 2024 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35170

Actions (login required)

View Item View Item