Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Antirogo Sumbersari Jember.

Husniyatul, Hasanah (2020) Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Antirogo Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Husniyatul Hasanah_084134075.pdf

Download (23MB)

Abstract

Husniyatul Hasanah, 2020: Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Antirogo Sumbersari Jember. Kata media berasal dari bahasa latin “medius” yang secara harfiah berarti “tengah” perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa. Pada kenyataannya ketersedian media di MI Miftahul Ulum terbatas karena minimnya dana dan ada media yang dicuri pada saat acara imtihan, tetapi hal tersebut tidak membuat guru pantang menyerah dalam menghadapi siswa yang hiperaktif dan untuk memahamkan siswa menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penggunaan media visual dalam pembelajaran tematik di MI Miftahul Ulum antirogo sumbersari jember?. 2)Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran tematik di MI Miftahul Ulum antirogo sumbersari jember? Tujuan penelitian ini diantaranya:1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media visual dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Antirogo Sumbersari Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Antirogo Sumbersari Jember Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif, jenis penelitian adalah studi kasus, subyek penelitian ditentukan menggunakan purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut:1) Penggunaan media visual (gambar) di kelas I, yaitu: guru mempersiapkan media gambar dan siswa, guru menyampaikan materi secara umum, guru menampilkan media gambar, guru dan siswa mempraktekkan gerakan tumbuhan, guru menunjuk siswa untuk meniru gerakan tumbuhan yang ditiup angin, guru memberikan penguatan. Penggunaan media visual (bagan) dikelas IV, yaitu: mempersiapkan media dan siswa, guru menjelaskan materi, guru menempel tahap demi tahap gambar daur hidup kupu-kupu, guru menjelaskan daur hidup kupu-kupu, guru membentuk siswa menjadi 3 kelompok, guru memberi penguatan. 2) penggunaan media audio visual (video) di kelas I, yaitu: mempersiapkan peralatan, materi, siswa, guru mengetahui durasi video, guru memberi arahan untuk berbaris dan melakukan senam bersama, guru mengajukan pertanyaan. Penggunaan media audio visual (film) di kelas IV, yaitu: guru mempersiapkan video, materi, siswa, guru membagi siswa menjadi 2 kelompok, guru memberikan sedikit penjelasan tentang film gajah mada, guru mengajukan pertanyaan, guru memberi penguatan. Dengan penggunaan media dalam pembelajaran tematik di MI Miftahul Ulum telah sesuai dengan langkah penggunaan media yang dilakukan guru. Dengan bukti siswa mudah memahami pelajaran dan termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:23
Last Modified: 07 Apr 2022 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item