Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI-BP di Kelas 1 SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Najib, Ainun (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PAI-BP di Kelas 1 SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-121-PAI-2024)
SKRIPSI AINUN NAJIB WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Najib, Ainun. 2024. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI-BP di Kelas 1 Sd Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi,Kurikulum Merdeka Belajar.
Pendidik harus mampu memahami setiap karakteristik peserta didik.Dengan demikan pendidik akan mudah untuk memberikan pembelajaran yang dapat mengantarkan mereka kearah positif dan bisa mengarahkan ke impian atau cita cita yang mereka inginkan dengan bakat, minat, dan kemampuan individu. Jadi pendidik dapat menyesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki oleh setiap individu.
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI-BP di Kelas 1 Sd Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Dengan fokus penelitian 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024?. Dengan tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analitik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember SDN Kepatihan 01 Jember dalam tahap perencanaan pembelajaran dipersiapkan oleh kepala sekolah dan guru dengan melakukan sosialisasi tentang ketentuan kurikulum merdeka, menyusun perangkat pembelajaran, dan mempersiapkan dokumen kurikulum Merdeka. 2) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu mengikuti apa yang telah direncanakan atau ditetapkan pada tahap perencanaan pembelajaran, dan dikembangkan oleh guru , 3) Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI-BP di SD Negeri Kepatihan 1 Jember Evaluasi pembelajaran berupa pengisian lembar kerja peserta didik (LKPD) dilakukan di setiap akhir pertemuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ainun Najib
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:25
Last Modified: 09 Jul 2024 05:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item