Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era Transformasi Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan

Isnaini, Mazruri Nur (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era Transformasi Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-072-MPI-2024)
Mazruri Nur Isnaini_NIM 202101030027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mazruri Nur Isnaini, 2024: Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era Transformasi Digital Di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
Kata kunci: Peran Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka, Era Transformasi
Digital
Peran kepala madarasah merupakan salah satu komponen pelaksana dalam
pendidikan yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab untuk menjadi
pemimpin serta mampu menerapkan kebijakan sesuai dengan fungsinya sebagai
pimpinan, dan juga kepala madrasah dapat memberikan pengaruh dalam
meningkatkan kinerja seorang guru. Berdasarkan fenomena tersebut Kepala
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan melakukan inovasi dalam pembelajaran di era
digital.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran kepala
madrasah sebagai motivator dalam implementasikan kurikulum merdeka pada era
transformasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan? 2) Bagaimana peran
kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasikan kurikulum merdeka
pada era transformasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran kepala madrasah
sebagai motivator dalam implementasikan kurikulum merdeka pada era
transformasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan 2) Untuk mengetahui
peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasikan kurikulum
merdeka pada era transformasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data
menggunakan model interaktif teori Milles, Huberman dan Saldana dengan langkah
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan
triangulasi waktu.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Peran kepala madrasah
sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru pada implementasi kurikulum
merdeka era transformasi digital yaitu kepala madrasah mendorong dan
memberikan motivasi kepada guru, serta memberikan reward kepada guru berupa
penghargaan untuk memotivasi guru-guru yang lain agar dapat meningkatkan
kinerjanya dengan baik terutama dalam bidang teknologi pendidikan. 2) Peran
kepala Madrasah sebagai supervisor dalam mengimplementasikan kurikulum
kurikulum merdeka era transformasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan
yaitu berperan sebagai pengawas dalam semua kegiatan yang ada di lembaga.
Kepala madrasah melakukan monitorring, penilaian terhadap pendidik. Kepala
madrasah menyediakan program pelatihan atau guna meningkatkan kinerja dan
kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka era transformasi digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mazruri Nur Isnaini
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:19
Last Modified: 03 Jul 2024 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35184

Actions (login required)

View Item View Item