Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Manajemen Waktu Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji

Prasetya, Rizqy Oktania (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Manajemen Waktu Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-TADRIS-IPS-2024)
Rizqy Oktania Prasetya 201101090006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan pengetahuan buatan manusia dengan segala kecanggihan yang dipunyai yaitu media sosial Tiktok. Pendidikan tidak lepas dari penggunaan media sosial Tiktok sebagai fasilitator dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Keberhasilan suatu pendidikan dapat diketahui dari manajemen waktu belajar.
Fokus penelitian ini ialah: 1).Adakah pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap terhadap manajemen waktu belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2023/2024.Tujuan penelitian ini ialah: 1.Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap manajemen waktu belajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IX SMP Negeri 1 Rambipuji 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rambipuji. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Populasi peneliti seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 62. Teknik sampling menggunakan jenis Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan: tidak terjadi pengaruh yang signifikan antara media sosial tiktok manajemen waktu belajar terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji. Hal ini dapat terlihat dari nilai siginifikansi sebesar sig<0,108>0,05, yang dapat disimpulkan bahwa pengaruh media sosial tiktok manajemen waktu belajar stuterhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IX SMPN 1 Rambipuji sebesar 6 %. Sedangkan 94 % lainya berasal dari faktor lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini.
Kata Kunci: penggunaan media sosial tiktok, Manajemen Waktu Belajar, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms rizqy oktania prasetya
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:10
Last Modified: 02 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35192

Actions (login required)

View Item View Item