Konsep keluarga sakinah perspektif anggota jam'iyyah khotmil qur'an dan dzikir al istiqomah jenggawah jember

Arifin syamsuri, Achmad Luthfi (2024) Konsep keluarga sakinah perspektif anggota jam'iyyah khotmil qur'an dan dzikir al istiqomah jenggawah jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-005-HK-2024)
Achmad Luthfi Arifin Syamsuri_S20171043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Achmad Luthfi Arifin S, 2024, Konsep Keluarga Sakinah Perspektif Anggota Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan Dzikir Al-Istiqomah Jenggawah Jember.
Kata Kunci: Konsep, Keluarga Sakinah, Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan DzikirAl-Istiqomah.
Keluarga sakinah merupakan gambaran keluarga yang didalamnya ada keharmonisan, kebahagiaan, dan ketentraman. Keluarga sakinah sendiri merupakan impian dari setiap orang yang berumah tangga, akan tetapi dalam mewujudkan keluarga yang sakinah itu sendiri bukanlah suatu hal yang mudah. Jam’iyah Khotmil Qur’an dan Dizkir Al Istiqomah merupakan salah satu perkumpulan kegiatan keagamaan yang cukup berkembang di Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember yang salah satu tujuannya mengupayakan terciptanya keluarga yang sakinah untuk para anggotanya.

Dari penelitian ini terdapat dua Fokus Penelitian yaitu: (1) Bagaimana konsep keluarga sakinah menurut anggota Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan Dzikir Al- Istiqomah?, (2) Bagaimana upaya para aggota Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan Dzikir Al- Istiqomah dalam membangun keluarga yang sakinah?

Tujuan dari penelitian ini yaitu?, (1) Untuk mendeskripsikan tentang konsepsi keluarga sakinah menurut anggota Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan Dzikir Al- Istiqomah, (2) serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan para anggota Jam’iyyah Khotmil Qur’an dan Dzikir Al- Istiqomah dalam membangun keluarga sakinah sesuai dengan konsep mereka.

Jenis penelitian ini terklasifikasikan pada jenis penelitian kualitatif yang didasarkan pada teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan tekhnik.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Konsep keluarga sakinah perspektif anggota jam’iyyah khotmil qur’an dan dzikir al istiqomah jenggawah jember diantara pendapat satu dengan pendapat yang lainnya terdapat kesesuaian, bahwasannya keluarga Sakinah adalah sebuah konsep yang mengutamakan kebahagiaan, kasih sayang, saling percaya, ketenangan dan rasa aman. (2) Upaya-upaya yang dilakukan para anggota jamiyyah khotmil qur‟an dan dzikir al- istiqomah dalam mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga serta setiap anggota didalam keluarga mampu menjalankan perannya dengan baik seperti halnya kepala keluarga harus bertanggung jawab memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, begitupun istri yang harus mengurus dan menjaga semua yang ada didalam rumah. Dan juga tidak lupa selalu taat kepada Allah SWT serta mengamalkan ajaran- ajaran agama islam. Karena pada sejatinya manusia hanya dapat berusaha dan yang menentukan hasilnya adalah Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Achmad Luthfi Arifin Syamsuri
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:25
Last Modified: 17 Jul 2024 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35193

Actions (login required)

View Item View Item