Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Transformasi di SMPN 1 Tamanan Bondowoso

Mahrifah, Sitti Rofikotul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Transformasi di SMPN 1 Tamanan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
digilib_Sitti Rofikotul Mahrifah_201101070015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan pemahaman, pengetahuan dan tingkah laku dalam diri peserta didik setelah memperoleh pembelajaran. LKPD berbasis project based learning menjadi salah satu jalan yang bisa digunakan agar peserta didik bisa memperoleh hasil belajar yang baik, strategi untuk mengembangkan LKPD dapat dinilai baik untuk meningkatkan hasil belajar yang baik untuk peserta didik.
Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan 1.Bagaimana kevalidan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik? 2. Bagaimana kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik? 3. Bagaimana keefektifan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik?
Jenis penelitian Research and Development (R&D) digunakan pada penelitian ini dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analysis dilakukan analisis dari berbagai segi kebutuhan peserta didik, baik dari segi kurikulum, maupun dari materi pembelajaran yang akan digunakan. Selanjutnya melakukan design atau perancangan media pembelajaran dan instrumen penelitian. Development dilakukan pengembangan media dan istrumen sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada tahap design. Untuk implementation dilaksankan uji coba produk pada peserta didik dengan didampingi oleh guru matematika. Pada tahap terakhir yakni evaluation dilakukan evaluasi produk berdasarkan tanggapan dan saran yang didapatkan.
Penelitian ini memperoleh hasil analisis validasi ahli materi, media dan bahasa dengan nilai rata-rata 92,5% yang menunjukkan sangat valid. Kemudian memperoleh hasil kepraktisan dengan analisis angket respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh nilai 76,4% yang menunjukkan kategori praktis, dan angket respon guru dengan nilai 95% yang menyatakan sangat praktis. Kemudian uji efektifitasnya dengan menganalisis hasil pretest dan posttest peserta didik dengan menghitung penilaian menggunakan EBM SPSS dengan kesimpulan LKPD berbasis project based learning memiliki pengaruh setelah diterapkan media pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama 1 Tamanan sehingga efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: LKPD, Hasil Belajar, project based learning, Transformasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sitti Rofikotul Mahrifah
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:53
Last Modified: 02 Jul 2024 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35196

Actions (login required)

View Item View Item