Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kalisat melalui pembelajaran digital Project Based Learning pada materi balok dan limas

Riski, Yuli Afiatur (2024) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kalisat melalui pembelajaran digital Project Based Learning pada materi balok dan limas. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-028-TADRIS-MTK-2024)
Yuli Afiatur Riski_202101070016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pendiidkan abad 21 yang menuntut semua orang untuk menguasai keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi matematis, keterampilan berpikir kreatif dan inovatif dan keterampilan kolaborasi, atau disebut sebagai 4Cs. Salah satu keterampilan yang dikaji pada penelitian kali ini adalah kemampuan komunikasi matematis sswa. Untuk mendukung ketrampilan komunikasi matematis siswa dapat diterapkan model pembelajaran Digital Project Based Learning.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Apakah model pembelajaran Digital Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? 2) Bagaimana analisis kemmapuan komunikasi matematis siswa?
Adapun tujuan dai penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Digital Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kalisat. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa one group pretest posttest design sedangkan penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Simpulan dari temuan yang telah dibahas pada penelitian ini adalah 1) berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil Assym Sig 0.000 < 0.05 artinya model pembelajaran Digital Project Based Learning mampu meningkatkan kemmapuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kalisat dalam menyelesakan soal Balok dan Limas. 2) Berdasarkan analisis data tidak ada siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat sangat rendah, sebanyak 2 siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah, 14 siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, 13 siswa berkemampuan komunikasi matematis tinggi, dan 1 siswa berkemampuan komunikasi matematis sangat tinggi.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Digital Projcet Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Afiatur Riski
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:36
Last Modified: 09 Jul 2024 05:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item