Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya di MTs Al-Haromain Puger

Sholeha, Anis Romiatus (2024) Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya di MTs Al-Haromain Puger. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-035-TADRIS-IPA-2024)
ANIS ROMIATUS SHOLEHA 202101100015 TADRIS IPA SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pembelajaran IPA di MTs Al-Haromain Puger menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik jenuh dan mudah mengantuk. Kebijakan pelarangan penggunaan HP dan dibatasinya pemakaian laptop, membuat guru mengalami kesulitan dalam menentukan media yang sesuai untuk mengaplikasikan materi sistem tata surya dalam pembelajaran IPA. Oleh sebab itu, peneliti terinspirasi mengembangkan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran sistem tata surya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran pada materi sistem tata surya, dengan tahapan sebagai berikut: (1) klarifikasi dan analisis konten (2) validitas produk (3) hasil implementasi. Spesifikasi produk ini berupa papan permainan engklek, kartu pertanyaan (question card), kartu jawaban (answer card), buku panduan (modul ajar), dan gacu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Recearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan desain MER (Model of Education Reconstruction).
Dalam penelitian ini sumber data diperoleh dari literatur review, wawancara dengan tokoh masyarakat, validasi produk oleh ahli materi dan media, observasi proses pembelajaran, respon peserta didik dan respon guru. Analisis validitas menggunakan rumus CVI (Content Validity Index) dengan tujuan untuk menilai tingkat validitas produk yang telah dikembangkan. Setelah melalui tahap validasi dan revisi, produk ini di ujicobakan untuk menilai kelayakan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran tata surya. Uji respon dan observasi pembelajaran dilakukan untuk evaluasi produk yang dihasilkan.
Hasil penelitian, (1) proses klarifikasi dan analisis konten sains pada permainan tradisional engklek dapat di elementarisasi ke dalam konten pembelajaran sistem tata surya melalui studi literatur, analisis pre-konsepsi, analisis kurikulum, dan wawancara dengan praktisi serta tokoh masyrakat. (2) Analisis validitas media mendapat nilai 0,911 kategori layak/valid dan validitas materi mendapat nilai 0,889 kategori layak/valid. (3) Hasil implementasi menunjukkan peserta didik lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, sehingga mengalami peningkatan pemahaman peserta didik pada hari pertama menggunakan media pembelajaran poster melalui hasil pre-test 58,33 dan hasil post-test 69,44 kemudian pada hari kedua menggunakan media permainan tradisional engklek melalui hasil pre-test 70,00 dan hasil post-test 91,05. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran permainan tradisional engklek memperoleh nilai respon peserta didik 97,37% dengan kategori sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi dan memperoleh nilai respon guru 94,67% dengan kategori sangat valid, dapat dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Anis Romiatus Sholeha
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:39
Last Modified: 15 Jul 2024 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35212

Actions (login required)

View Item View Item